Abstrak
Penulis melakukan penelitian dengan ruang lingkup ?Perbandingan Akad Mudharabah Dengan Wadi?ah Pada Tabungan iB Taharoh di Bank DKI Syariah?. Tujuan Untuk meneliti, menganalisis dan mengetahui perbandingan serta keunggulan dari Tabungan iB Taharoh dengan menggunakan akad Mudharabah dengan Wadi?ah serta penerapan dari fee Program ?Member get Member? dari Bank DKI Syariah pada produk iB Taharoh. Sumber data dalam penelitian ini adalah data berasal dari wawancara langsung yang dilakukan oleh penulis kepada Customer service dan beberapa nasabah dari Bank DKI Syariah dan juga data-data tentang produk iB Taharoh yang penulis perlukan. Hasil penelitian yaitu Dari hasil wawancara didapatkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang akad apa yang digunakan, masyarakat hanya melihat dari keunggulan dan manfaat dengan mempertimbangkan dari beberapa aspek yaitu aspek pengembalian, aspek biaya, aspek sosial, aspek pertumbuhan, aspek resiko, aspek promosi. Bank DKI Memiliki produk iB Taharoh baik yang menggunakan akad Mudharabah maupun yang menggunakan akad Wadi?ah dengan keunggulan ditiap masing-masing akadnya. Selain itu Bank DKI memiliki strategi pemasaran yang menarik yaitu Program fee Member get member, namun sayangnya program tersebut hanya bertahan 3-4 tahun. Saran untuk Bank DKI Syariah yaitu Bank DKI Syariah masih sangat kurang dalam hal promosi. Program member get member merupakan strategi pemasaran yang sangat baik dan menguntungkan bagi Bank maupun nasabah. Jadi, Program ini harus tetap ada di Bank DKI Syariah dengan melakukan pengawasan agar fee yang seharusnya didapatkan oleh nasabah dan KBIH tidak dikuasai oleh nasabah