Abstrak
Supatmi. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP N 175 Jakarta. Sekolah Pascasarjana Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2013. Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis dan mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran (X1) dan Percaya Diri Siswa (X2) terhadap Hasil BelajarIPS (Y). Hipotesis yang diuji adalah: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar IPS, (3) Pada siswa yang mempunyai percaya diri tinggi. Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah, (4) Pada siswa yang mempunyai percaya diri rendah. Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai percaya diri tinggi dan rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitasi instrument hasil belajar IPS mempunyai Alpha Cronbach rii = 0.901, dan percaya diri siswa mempunyai Alpha Cronbach Dimensi Keyakinan Diri = 0.792, Sikap Positif = 0.854, Memanfaatkan Kelebihan = 0.771. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari hasil penelitian dengan menggunakan anava dua jalur diperoleh harga Fhitung lebih dari harga Ftabel yaitu 5.478 > 4,04 dengan menggunakan 0,05. 2. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh harga Fhitung lebih dari Ftabel yaitu 15.557 > 4,04 pada taraf signifikansi 0,05. 3. Pada siswa yang mempunyai percaya diri tinggi. Hasil belajar IPS siswa diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji tdunnet diperoleh harga thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 4.444 > 2.682 dengan demikian Ho di tolak. 4. Pada siswa yang mempunyai percaya diri rendah. Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thitung lebih kecil dari pada harga ttabel yaitu |1.134| < 0.013 dengan demikian Ho di terima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi bagi ilmu pengetahuan, khususnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.