Abstrak
Supatmi. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP N 175 Jakarta. Sekolah Pascasarjana Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2013.
Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis dan mengetahui pengaruh
Metode Pembelajaran (X1) dan Percaya Diri Siswa (X2) terhadap Hasil BelajarIPS (Y).
Hipotesis yang diuji adalah: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar IPS, (3)
Pada siswa yang mempunyai percaya diri tinggi. Hasil belajar IPS siswa yang
diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari
pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah, (4) Pada siswa
yang mempunyai percaya diri rendah. Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan
menggunakan metode pembelajaran ceramah lebih tinggi dari pada siswa yang
diajar dengan menggunakan metode pembelajaran role playing.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52
siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai percaya diri tinggi dan rendah.
Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitasi instrument
hasil belajar IPS mempunyai Alpha Cronbach rii = 0.901, dan percaya diri siswa
mempunyai Alpha Cronbach Dimensi Keyakinan Diri = 0.792, Sikap Positif =
0.854, Memanfaatkan Kelebihan = 0.771. Analisis data yang digunakan adalah
ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode
pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang
diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari hasil
penelitian dengan menggunakan anava dua jalur diperoleh harga Fhitung lebih
dari harga Ftabel yaitu 5.478 > 4,04 dengan menggunakan 0,05.
2. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan percaya diri siswa
terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh harga Fhitung lebih dari
Ftabel yaitu 15.557 > 4,04 pada taraf signifikansi 0,05.
3. Pada siswa yang mempunyai percaya diri tinggi. Hasil belajar IPS siswa diajar
dengan menggunakan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari pada
hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah. Hal
ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji tdunnet
diperoleh harga thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 4.444 > 2.682
dengan demikian Ho di tolak.
4. Pada siswa yang mempunyai percaya diri rendah. Hasil belajar IPS siswa yang
diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah lebih tinggi dari
pada hasil belajar IPS siswa diajar dengan menggunakan metode pembelajaran
role playing. Ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan
menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thitung lebih kecil dari pada harga
ttabel yaitu |1.134| < 0.013 dengan demikian Ho di terima.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan
atau referensi bagi ilmu pengetahuan, khususnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.