Abstrak
ARTANTI. Hubungan antara Pengetahuan Kebahasaan dan Sikap Orang
Tua terhadap Pola Belajar Anak dengan Hasil Belajar Membaca
Pemahaman Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA 2005.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis
hubungan antara (1) pengetahuan kebahasaan dan hasil belajar
membaca pemahaman, (2) sikap orang tua terhadap pola belajar anak
dan hasil belajar membaca pemahaman, dan (3) pengetahuan
kebahasaan dan sikap orang tua terhadap pola belajar anak secara
bersama-sama dengan hasil belajar membaca pemahaman.
Hipotesis yang kebenarannya diuji adalah: (1) terdapat hubungan
positif antara pengetahuan kebahasaan dan hasil hasil belajar membaca
pemahaman, (2) terdapat hubungan positif antara sikap orang tua
terhadap pola belajar anak dan hasil belajar membaca pemahaman dan
(3) terdapat hubungan positif antara pengetahuan kebahasaan dan sikap
orang tua terhadap pola belajar anak secara bersama-sama dengan hasil
belajar membaca pemahaman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN se-Kecamatan
Kramatjati Jakarta Timur yang berjumlah 345 orang. Sedangkan
sampelnya berjumlah 70 orang siswa yang diambil secara undian, dengan
menggunakan teknik random sampling.
Instrument yang digunakan untuk menjaring data ketiga variabel
adalah tes dan metode skala Likert. Keterandalannya dihitung dengan
rumus KR-20 dan Alpha-Cronbach. Hasil uji coba untuk variable hasil
belajar membaca pemahaman (Y) dan pengetahuan kebahasaan (X1) dan Sikap orang tua terhadap pola belajar anak adalah sebesar rii = 0,922, rii = 0,935, dan rii = 0,836. Data dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
Pertama, terdapat hubungan positif pengetahuan kebahasaan
dengan hasil belajar membaca pemahaman, dengan persamaanregresi Y
= 4,208 + 0,664 X1, dan koefisien korelasi ry1 = 0,527, pada taraf α = 0,05.
Kedua, terdapat hubungan positif antara sikap orang tua terhadap
pola belajar anak dengan hasil belajar membaca pemahaman, dengan
persamaan regresi Y = -28.272 + 0,547X2 dan koefisien ry2 sebesar 0,639, pada taraf α = 0,05.
Ketiga, terdapat hubungan positif antara pengetahuan kebahasaan
dan sikap orang tua terhadap pola belajar anak secara bersama-sama
dengan hasil belajar membaca pemahaman, yang ditunjukkan oleh
persamaan regresi Ŷ = -26,590 + 0,445X1 + 0,446X2 dan koefisien korelasi Ry.12 = 0,720 pada taraf α = 0,05.
Hasil penelitian ini juga meyimpulkan bahwa hasil belajar membaca
pemahaman (Y) dapat ditingkatkan melalui pengetahuan kebahasaan (X1) dan memperbaiki sikap orang tua terhadap pola belajar anak (X2).