Abstrak
Nurhadi, Pengaruh Keinovatifan Dosen dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil
Belajar Statistika Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok. Tesis.
Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
2013.
Tesis ini bertujuan melaksanakan kajian pengaruh keinovatifan dosen dan
lingkungan belajar terhadap hasil belajar statistika Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama
Islam Al Qudwah Depok. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan
melalui survei, menggunakan kuesioner dan pendekatannya dengan analisis jalur.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al
Qudwah Depok yang berjumlah 77 mahasiswa. Menggunakan rumus Slovin didapat 65
orang mahasiswa sebagai sampel penelitian, 30 orang mahasiswa sebagai sampel uji
coba di luar sampel penelitian sesungguhnya.
Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung positip: 1)
keinovatifan dosen terhadap hasil belajar statistika 2) lingkungan belajar terhadap hasil
belajar statistika, dan 3) keinovatifan dosen terhadap lingkungan belajar.
Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir soal instrumen hasil belajar
dengan menggunakan rumus point rasional dan reliabilitas soal dengan menggunakan
rumus KR20. Validitas butir pernyataan instrumen keinovatifan dosen dan instrumen
lingkungan belajar dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan
reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Instrumen soal
hasil belajar statistika memiliki reliabilitas rii= 0,936, keinovatifan dosen memiliki
reliabilitas rii= 0,962, dan lingkungan belajar memiliki reliabilitas rii = 0,956.
Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana.
Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan
keinovatifan dosen (X1) terhadap hasil belajar statistika (X3) memperoleh persamaan
regresi
3
X?
= -46,149+ 0,566X1, koefisien korelasi r13= 0,791 dan koefisien pengaruh X1
terhadap X3. p31 = 0,56 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung
yang sangat signifikan lingkungan belajar (X2) terhadap hasil belajar statistika (X3)
memperoleh persamaan regresi
3
X?
= -37,488 + 0,454 X2 koefisien korelasi r23 = 0,722,
dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,35, pada taraf signifikansi α = 0,05 (3)
terdapat pengaruh langsung yang signifikan keinovatifan dosen (X1) terhadap
lingkungan belajar. Lingkungan belajar (X2) memperoleh persamaan regresi
2
X?
=
37,471 + 0,750X1, koefisien korelasi r12 = 0,660 dengan koefisien pengaruh
keinovatifan dosen (X1) terhadap lingkungan belajar. Lingkungan belajar (X2) p21 =
0,66 pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil uji hipotesis didapat simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan
tidak terdapat pengaruh langsung positip keinovatifan dosen dan lingkungan belajar
terhadap hasil belajar statistika ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1), yang
menyatakan terdapat pengaruh langsung positip keinovatifan dosen dan lingkungan
belajar terhadap hasil belajar statistika diterima.
Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok dapat meningkat
hasil belajar statistika apabila dosen dalam melaksanakan pembelajaran memiliki
keinovatifan yang tinggi dan ditunjang dengan lingkungan belajar yang kondusif.
Disarankan bagi para peneliti dan pihak-pihak yang berkepentingan berkenaan dengan
kemampuan manajerial untuk dilakukan penelitian lanjut tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi hasil belajar statistika dalam skala populasi yang lebih besar dan tidak
hanya pada lokal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah saja.
Melengkapi kajian tesis ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidikan. Kajian
masalah hasil belajar statistika mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah
Depok sebagai berikut ;
1. Peran keinovatifan dosen diperlukan secara tidak langsung dapat meningkatkan
hasil belajar statistika
2. Membenahi lingkungan belajar terutama suasana kampus tempat belajar mahasiswa
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qudwah Depok