Abstrak
Teuku Rusman Nulhakim. Evaluasi Program Induksi Guru Pemula Pada Jenjang SMA Negeri Dan SMK Negeri Di Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administratif Jakarta Utara. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Agustus 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas program induksi bagi guru pemula di SMA Negeri dan SMK Negeri yang berada di lingkungan pembinaan Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta menuju pada perbaikan dan penyempurnaan program (to improve) pelaksanaan program induksi bagi guru pemula. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus (case study) dengan model evaluasi ketimpangan (discrepancy evaluation model/DEM). Pendekatan yang digunakan dengan pendekatan campuran (mix approach) yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik Pengumpulan data dengan angket, wawancara berstruktur, dan studi dokumen. Hasil evaluasi ini menyimpulkan bahwa evaluasi program induksi bagi guru pemula belum berjalan sesuai ketentuan yang diatur dalam Permendiknas Nomor 27 tahun 2010 baik pada tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Banyak aspek (fokus) evaluasi yang membutuhkan peningkatan dan penyempurnaan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam proses pembinaan guru yang profesional dan kompeten. Penelitian evaluasi ini merekomendasikan kepada semua pihak yang terkait untuk mengoptimalkan program induksi bagi guru pemula agar terlaksana dengan maksimal pada masa-masa yang akan datang.