Abstrak
Maesaroh. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Kelas V Al Azhar di Jakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah 1) prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih unggul daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, 3) prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih unggul daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional bagi siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, dan 4) prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih rendah daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional bagi yang mempunyai motivasi berprestasi rendah. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Al Azhar 2 Pasarminggu dan di SD Islam Al Azhar 5 Kemandoran (kelompok kontrol) serta SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran Lama sebagai uji coba instrumen dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2012-2013. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionalle random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol (randomized control group design). Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen prestasi belajar matematika sebesar 0,850 dan motivasi berprestasi sebesar 0,721. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik (RME) lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, perhitungan dengan menggunakan ANAVA dua jalan diperoleh harga Fhitung = 11,799 lebih dari Ftabel = 7,39 ; 2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa diperoleh Fhitung = 4,876 lebih dari Ftabel = 4,11 ; 3) pada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik (RME) lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan konvensional, diperoleh melalui uji lanjut dengan menggunakan uji t-Dunnet diperoleh harga thitung = 3,99 lebih dari ttabel = 1,69 ; dan 4) pada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik (RME), diperoleh melalui uji lanjut dengan menggunakan uji t-Dunnet diperoleh thitung = 0,87 kurang dari ttabel = 1,69. Implikasi dari penelitian ini adalah menuntut guru agar dapat menerapkan proses pembelajaran yang dapat memberi harapan bagi keberhasilan belajar murid di sekolah dan memberi peluang pada murid agar dapat berkolaborasi untuk memecahkan masalah sehari-hari serta melatih murid untuk lebih bertanggungjawab baik secara individu maupun kelompok.