Abstrak
Maesaroh. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Motivasi Berprestasi
terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Kelas V Al Azhar di Jakarta. Tesis.
Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan pendekatan
pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Hipotesis penelitian ini adalah 1) prestasi belajar matematika siswa dengan
menggunakan pendekatan matematika realistik lebih unggul daripada prestasi belajar
matematika siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional, 2) terdapat pengaruh
interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi
belajar matematika, 3) prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik lebih unggul daripada prestasi belajar matematika
siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional bagi siswa yang mempunyai
motivasi berprestasi tinggi, dan 4) prestasi belajar matematika siswa dengan
menggunakan pendekatan matematika realistik lebih rendah daripada prestasi belajar
matematika siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional bagi yang
mempunyai motivasi berprestasi rendah.
Penelitian dilaksanakan di SD Islam Al Azhar 2 Pasarminggu dan di SD Islam
Al Azhar 5 Kemandoran (kelompok kontrol) serta SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran
Lama sebagai uji coba instrumen dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun
pelajaran 2012-2013. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionalle
random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen
dengan desain kelompok kontrol (randomized control group design). Hasil uji coba
instrumen penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen prestasi belajar
matematika sebesar 0,850 dan motivasi berprestasi sebesar 0,721. Analisis data yang
digunakan adalah ANAVA dua jalan.
Hasil penelitian mengungkapkan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang
diajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik (RME) lebih tinggi
daripada yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, perhitungan
dengan menggunakan ANAVA dua jalan diperoleh harga Fhitung = 11,799 lebih dari
Ftabel = 7,39 ; 2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa diperoleh Fhitung = 4,876
lebih dari Ftabel = 4,11 ; 3) pada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi
prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan
matematika realistik (RME) lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan
konvensional, diperoleh melalui uji lanjut dengan menggunakan uji t-Dunnet diperoleh
harga thitung = 3,99 lebih dari ttabel = 1,69 ; dan 4) pada siswa yang mempunyai motivasi
berprestasi rendah, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan
pendekatan konvensional lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik (RME), diperoleh melalui uji lanjut dengan
menggunakan uji t-Dunnet diperoleh thitung = 0,87 kurang dari ttabel = 1,69.
Implikasi dari penelitian ini adalah menuntut guru agar dapat menerapkan proses
pembelajaran yang dapat memberi harapan bagi keberhasilan belajar murid di sekolah
dan memberi peluang pada murid agar dapat berkolaborasi untuk memecahkan masalah
sehari-hari serta melatih murid untuk lebih bertanggungjawab baik secara individu maupun kelompok.