Abstrak
HALIMAH PUSPARANI, Hubungan antara Iklim Organisasi dan Konsep Diri dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 01 Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Oktober. 2013. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus 01 Kecamatan Cimanggis Kota Depok dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru, seberapa besar hubungan antara konsep diri dengan kepuasan kerja guru, maupun seberapa besar hubungan antara iklim organisasi dan konsep diri secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Hipotesis penelitian yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara iklim organisai dengan kepuasan kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kepuasan kerja guru, (3) terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dan konsep diri secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dari 8 Sekolah Dasar Negeri di Gugus 01 Kecamatan Cimanggis Kota Depok yang berjumlah 130 orang dan sebagai sampel penelitian diambil dengan tekhnik Proportional Random Sampling, dengan jumlah sampel 98 orang guru sebagai responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey untuk memperoleh data empiris dari setiap variabel dan pengolahan data dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel iklim organisasi, konsep diri dan kepuasan kerja guru ialah menggunakan angket dengan model Likert. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ; pertama, terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 80,775 + 0,469 X₁. Koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,606 dan koefisien determinasinya 0,367 atau 36,7% signifikan pada α = 0,05. Kedua terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 102,419 + 0,312 X₂. Koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,400 dan koefisien determinasinya 0,160 atau 16,0% signifikan pada α = 0,05.Ketiga terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dan konsep diri secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukkan dengan persamaan regresi regresi Ŷ = 60,534 + 0,414 X₁ + 0,194 X₂. Koefisien korelasi (Ry12) sebesar 0,651 dan koefisien determinasi sebesar 0,423 atau 42,3% signifikan pada α = 0,05. Korelasi parsial (ry1.2) sebesar 6,589 dan korelasi parsial (ry2.1) sebesar 3,052. Implikasi dari penelitian ini untuk peningkatan kepuasan kerja guru, maka iklim organisasi harus dikelola dengan baik dan dipelihara, sehingga selalu tercipta suasana yang kondusif dan kompetitif. Suasana yang demikian akan membuat guru dapat bekerja dengan baik, lebih dari memenuhi kualifikasi pekerjaan sebagai seorang guru yang professional, dan dapat bekerjasama dengan baik, mempunyai gairah kerja atau bermotivasi tinggi, mempunyai keterbukaan yang dapat diajak komunikasi dengan lancar, toleransi terhadap sesama guru, dan menjalin keakraban dengan sesama teman guru. Selain itu untuk meningkatkan kepuasan kerja guru maka konsep diri guru harus ditingkatkan dengan cara memberikan motivasi kepada guru untuk mengembangkan diri di dalam hal yang positif sehingga guru dalam mengembangkan konsep dirinya.