Abstrak
RIZKI AMALIA, Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosional dengan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah di Gugus 07 Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Tangerang Banten. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juli. 2013. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri di Gugus 07 Kabupaten Tangerang Banten dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara gaya kepemimpinan dengan pengambilan keputusan kepala sekolah, seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan pengambilan keputusan kepala sekolah, maupun seberapa besar hubungan antara gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan pengambilan keputusan kepala sekolah. Hipotesis penelitian yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan dengan pengambilan keputusan kepala sekolah, (2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan pengambilan keputusan kepala sekolah, (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan pengambilan keputusan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey untuk memperoleh data empiris dari setiap variabel dan pengolahan data dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dari 6 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gugus 07 Kabupaten Tangerang Banten dengan jumlah sampel 110 orang guru sebagai responden, diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menjaring data variabel gaya kepemimpinan, kecerdasan emosional dan pengambilan keputusan dengan menggunakan angket model skala perilaku. Uji coba validitas instrumen menggunakan metode corrected item total correlation, dengan mengkorelasikan tiap item dengan skor total kemudian hasil dikoreksi agar tidak overestimasi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Uji normalitas data menggunakan Uji Liliefors yaitu uji normalitas galat taksiran, kemudian uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi, regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pertama, terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan dengan pengambilan keputusan kepala sekolah dengan persamaan regresi Ŷ = 28,590 + 0,835 X1. Koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,677 pada α 0,05 dan koefisien determinasinya 45,80%. Kedua, terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan pengambilan keputusan kepala sekolah dengan persamaan regresi Ŷ = 55,220 + 0,633 X2. Koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,584 pada α 0,05 dan koefisien determinasinya 34,10%. Ketiga, terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan pengambilan keputusan kepala sekolah yang ditunjukkan oleh nilai koefesien korelasi sebesar (Ry.12) 0,686 pada α 0,05 dengan persamaan regresi Ŷ = 25,542 + 0,676 X1 + 0,185 X2, koefisien determinasi sebesar 47,10% dan korelasi parsial ry1.2 sebesar 5,125 sedangkan ry2.1 sebesar 1,997. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan agar menghasilkan kebijakan yang mampu mengakomodir semua warga sekolah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.