Abstrak
Juliani R, Analisis Manajemen Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Akreditasi di SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat. Studi Kualitatif pada SDN Karang Anyar 02 petang. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA, Oktober 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Manajemen Mutu Sekolah Berdasarkan Standar Akreditasi di SDN Karang Anyar 02 petang. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara berstruktur dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah SDN Karang Anyar 02 petang dan lima orang guru yang sudah mengabdi di SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat diatas sepuluh tahun. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menyusun dan menentukan program pendidikan sekolah, kepala sekolah melibatkan semua unsur yang ada di sekolah seperti guru-guru, staf administrasi dan komite sekolah. serta Menjalankan analisis manajemen mutu sekolah untuk menyusun perencanaan sekolah, Kepala sekolah tidak bertindak sendiri, ada musyawarah bersama antara seluruh komunitas sekolah dalam menentukan perencanaan sekolah, Ada pendelegasian tugas dan wewenangan yang jelas yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan tugas harian disekolah. Dalam usaha meningkatkan mutu sekolah dan mutu pendidikan siswa di SDN Karang Anyar 02 petang Jakara Pusat, kepala sekolah melakukan pendelegasikan pengawasan untuk masing-masing kegiatan, para guru SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat dapat memahami pengertian analisis manajemen mutu sekolah melalui arahan kepala sekolah, informasi dari buku dan seminar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan pemerintah. Secara mandiri guru terus berupaya meningkatkan tingkat kompetensi mereka dalam mengajar dengan cara mencari ilmu pengetahuan dan informasi yang lebih banyak dan pelaksanaan manajemen mutu sekolah berdasarkan Standar Akreditasi di SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat, manajemen sekolah menghendaki agar seluruh komunitas sekolah dapat berpartisipasi aktif dalam upayapeningkatan manajemen mutu sekolah. Ini terbukti dengan naiknya nilai rata-rata siswa untuk beberapa bidang studi. Diharapkan Kepala sekolah SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat lebih memotivasi para guru dan staf administrasi agar pemahaman mereka tentang analisis manajemen mutu sekolah dapat lebih baik dan dapat menerapkannya dengan efektif dan efesien dan untuk mendapatkan hasil proses belajar mengajar yang lebih baik terhadap siswa, kepala sekolah perlu membuat perencanaan pengajaran sekolah yang lebih matang dan mengkomunikasikan segala hal yang menyangkut peningkatan mutu sekolah secara lebih sering kepada semua pihak sekolah yang terkait. Dalam menghadapi kendala kekurangan sarana dan prasarana, kepala sekolah dan guru perlu lebih aktif untuk memenuhinya dengan teknik pembelajaran alternatif yang menggunakan alat yang sederhana namun mempunyai tujuan akhir yang sama fungsinya dan nilainya. Supervisi dan evaluasi terhadap kinerja guru yang berdampak pada kualitas siswa harus lebih sering dilakukan oleh kepala sekolah SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat untuk mendapatkan hasil akhir proses belajar mengajar yang berdasarkan standar akreditasi. Kepala sekolah SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat perlu lebih menyertakan partisipasi masyarakat dan komite sekolah dalam upaya pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dan guru-guru SDN Karang Anyar 02 petang Jakarta Pusat perlu lebih meningkatkan kompetensi dan mutu pengajarannya dengan cara membaca buku-buku yang berkualitas dan mencari sumber-sumber informasi lainnya yang up to date sehingga dapat membahasnya dengan siswa secara lebih mendalam.