Abstrak
CICIH PURBANINGSIH .Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemberian Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat. Tesis. : Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh langsung: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) pemberian kompensasi terhadap kepuasan kerja guru, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemberian kompensasi. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif pemberian kompensasi terhadap kepuasan kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemberian kompensasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat, populasi terjangkau adalah guru Sekolah Dasar di Jakarta Pusat sebanyak 187 guru yang tersebar di 10 sekolah, sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 127 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis validitas dan reliabilitas dalam penelitian dihitung dengan menggunakan program Excel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan ϸ31= 0.285 persamaan regresi linear 3 ?X = 87.54 + 0.39X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,481 dan koefisien determinasi sebesar 0,2314 sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 23,14%. pada taraf α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif pemberian kompensasi terhadap kepuasan kerja guru, dengan ϸ32= 0.925 persamaan regresi linear 3 ?X = 91.74 + 0.37X2 dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,475 dan koefisien determinasi sebesar r23 = 0,2256 sehingga kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 22,56% pada taraf α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemberian kompensasi dengan ϸ21= 0.758 persamaan regresinya 2 ?X = -0,87 + 0.99X1 dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0.758 dan koefisien determinasinya sebesar 0,5746 sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 57,46% pada taraf α = 0,05 Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan kepuasan kerja guru karena hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan pemberian kompensasi secara signifikan mampu meningkatkan kepuasan kerja guru.