Abstrak
BAMBANG WIYONO. Hubungan Antara Motivasi Kerja Tenaga Pendidik dan Kompetensi Pedagogik Tenaga Pendidik dengan Mutu Layanan di Sekolah Polisi Negara, Tesis. Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Polisi Negara. Inti kajiannya difokuskan pada faktorfaktor yang berhubungan erat dengan Mutu Layanan pendidik, meliputi Motivasi Kerja Tenaga Pendidik dan Kompetensi Pedagogik Tenaga Pendidik. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauhmana hubungan Motivasi Kerja Tenaga Pendidik dan kompetensi Pedagogik Tenaga Pendidik terhadap Mutu Layanan baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data angket skala lima kategori Likert, terhadap 163 tenaga pendidik di Sekolah Polisi Negara. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi, baik regresi sederhana maupun regresi ganda. Uji signifikansi menggunakan uji-F dan uji-t. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data setiap variabel adalah model skala likert divalidasi dengan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbrach. Kemudian diuji dengan persyaratan analisis yaitu uji normalitas galats taksiran dengan Liliefors, uji homogenitas dengan Bartlet dan uji linearitas regresi serta uji signifikansi regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) motivasi kerja memiliki hubungan positif dengan mutu layanan di Sekolah Polisi Negara, (2) kompetensi pedagogik memiliki hubungan positif dengan mutu layanan di Sekolah Polisi Negara, dan (3) motivasi kerja dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama memiliki hubungan positif dengan mutu layanan di Sekolah Polisi Negara.Dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja dan kompetensi pedagogik secara parsial memiliki hubungan positif dengan mutu layanan di Sekolah Polisi Negara, serta motivasi kerja dan kompetensi pedagogik secara beresama-sama memiliki hubungan positif dengan mutu layanan di Sekolah Polisi Negara. Berdasarkan hasil temuan tersebut, diharapkan dapat berguna bagi perbaikan mutu menejemen pendidikan pada umumnya dan di Sekolah Polisi Negara pada khususnya.