Abstrak
Haryadi. Pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap kinerja tenaga kependidikan pada satuan pendidikan sekolah menengah pertama di Kabupaten Bangka. Tesis. Program studi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis adanya pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap kinerja tenaga kependidikan. Hipotesis yang di uji adalah: (1) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap kinerja tenaga kependidikan; (2) Terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja tenaga kependidikan; (3) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survei kausal dengan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 orang sebagai responden yang mendapatkan tugas sebagai tenaga kependidikan pada sekolah menengah pertama di Kabupaten Bangka, dengan menggunakan rumus slovin dipilih 125 orang untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah probability sampling secara proporsional dan random menggunakan SPSS 18. Tingkat kekuatan pengaruh konsep diri terhadap kinerja tenaga kependidikan dapat ditunjukan dari koefisien korelasi yaitu 0,372. Tingkat kekuatan pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja tenaga kependidikan dapat ditunjukan dari koefisien korelasi yaitu 0,439. Tingkat kekuatan pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi dapat ditunjukan dari koefisien korelasi yaitu 0,384. Dari hasil pengolahan data dan uji hipotesis menunjukan bahwa kinerja tenaga kependidikan 13,84% dipengaruhi oleh konsep diri sisanya 86,16% dipengaruhi faktor dan variabel lain. Kemudian kinerja tenaga kependidikan 19,27% dipengaruhi oleh motivasi berprestasi sisanya 80,73% oleh faktor dan variabel lain. Sedangkan motivasi berprestasi 14,75% dipengaruhi oleh konsep diri sisanya 85,25% oleh faktor atau variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung dan positif konsep diri terhadap kinerja tenaga kependidikan dengan koefisien þ31 = 0,239; terdapat pengaruh langsung dan positif motivasi berprestasi terhadap kinerja tenagakependidikan dengan koefisien þ32 = 0,347; serta terdapat pengaruh langsung dan positif konsep diri terhadap motivasi berprestasi dengan koefisien þ21 = 0,384. Rekomendasinya adalah kinerja tenaga kependidikan dapat ditingkatkan dengan latihanlatihan yang dapat memperbaiki dan merubah konsep diri menjadi lebih baik dan memberikan penghargaan-penghargaan yang dapat menumbuhkan motivasi berprestasi. Dengan meningkatnya kinerja tenaga kependidikan maka operasional dan kegiatan serta proses belajar mengajar di Sekolah akan meningkat menjadi lebih baik yang tentunya berimplikasi pada dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bangka.