Abstrak
UCEN. Hubungan antara Profesionalisme Guru dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Korespondensi Indonesia Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan antara (1) profesionalisme guru dan hasil belajar korespondensi Indonesia, (2) disiplin belajar dan hasil belajar korespondensi Indonesia, dan (3) profesionalisme guru dan disiplin belajar dengan hasil belajar korespondensi Indonesia Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara profesionalisme guru dan hasil belajar korespondensi Indonesia, (2) terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dan hasil belajar korespondensi Indonesia, (3) terdapat hubungan positif antara profesionalisme guru dan disiplin belajar dengan hasil belajar korespondensi Indonesia Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan yang berjumlah 374 siswa. Sampel berjumlah 75 orang siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional (Proportional Random Sampling) Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel profesionalisme guru, disiplin belajar dengan angket model skala Likert. Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbachs, sedangkan variabel hasil belajar korespondensi indonesia menggunakan Tes belajar. Hasil uji coba untuk variabel profesionalisme guru adalah sebesar r11 = 0,9759; hasil uji coba untuk variabel disiplin belajar adalah sebasar r11 = 0,9576; dan hasil uji coba untuk variabel hasil belajar korespondensi Indonesia adalah sebesar r11 = 0,9621. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar korespondensi Indonesia, dengan persamaan regresi Ŷ= -5,94 + 0,26X1 dan koefisien korelasi ry1 = 0,798; pada taraf signifikansi α = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar korespondensi Indonesia, dengan persamaan regresi Ŷ= -3,38 + 0,23X2 dan koefisien korelasi ry2 = 0,768; pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan disiplin belajar dengan hasil belajar korespondensi Indonesia, dengan persamaan regresi Ŷ= -5,98 + 0,219X1 + 0,038X2;koefisien korelasi ganda Ry.12 = 0,800 dan koefisien korelasi parsial ry1.2 = 0,506; dan koefisien korelasi parsial ry2.1 =0,399; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi Indonesia (Y) dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan profesionalisme guru (X1) dan disiplin belajar (X2).