Abstrak
Akbar Sujono, Analisis butir soal ujian sekolah bidang studi IPA dan Matematika kelas IX di SMP perguruan ?Cikini? Jakarta tahun pelajaran 2011/2012. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, 2012. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Sekolah (US) bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun pelajaran 2011/1012 ditinjau dari karakteristik soal secara kuantitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah seluruh butir soal Ujian Sekolah (US) bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Perguruan ?Cikini? Jakarta tahun pelajaran 2011/1012. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan program MicroCat Iteman versi 3.00 dan program SPSS 13 untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesulitan, indeks daya beda, dan keefektifan distraktor. Hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) hasil analisis butir soal bidang studi Matematika dari 40 butir soal pilihan ganda diperoleh; 22 butir soal (55%) soal dinyatakan valid; reliabilitas soal secara keseluruhan berdasarkan koefisien alpha diperoleh nilai 0.925 dengan program Iteman dan 0.868 dengan program SPSS 13; indeks kesulitan 13 butir soal (62.5%) memiliki indeks kesulitan yang baik (sedang); daya beda 28 butir soal (70%) memiliki daya beda yang baik (diterima); Efektivitas distraktor yang dapat dipakai sebanyak 94 distraktor (78.3%) dari 120 distraktor ; hasil perhitungan korelasional dan regresi terdapat hubungan dan pengaruh nilai US terhadap nilai UN. (2) hasil analisis butir soal bidang studi IPA dari 40 butir soal pilihan ganda diperoleh; 26 butir soal (65%) dinyatakan valid; reliabilitas soal secara keseluruhan berdasarkan koefisien alpha diperoleh nilai 0.923 dengan program Iteman dan 0.882 dengan program SPSS 13; indeks kesulitan 13 butir soal (32.5%) memiliki indeks kesulitan yang baik (sedang); daya beda 24 butir soal (60%) memiliki daya beda yang baik (diterima); Efektivitas distraktor yang dapat dipakai sebanyak 73 distraktor (60.8%) dari 120 distraktor ; hasil perhitungan korelasional dan regresi terdapat hubungan dan pengaruh nilai US terhadap nilai UN. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa butir soal ujian sekolah bidang studi IPA dan Matematika di SMP Perguruan ?Cikini? Tahun Pelajaran 2011 ? 2012 kualitasnya kurang baik. Kata kunci : validitas, reliabilitas, indeks kesulitan, daya pembeda dan efektivitas distraktor