Abstrak
Syafari Hardi. ?Pengaruh Bentuk Soal Tes Formatif dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika ( Eksperimen di SMP Negeri 7 Tangerang)?. Tesis. Jakarta: Program Study Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bentuk soal tes formatif dan sikap siswa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang memiliki sikap berbeda yang diberi bentuk soal yang berbeda. Hipotesis penelitian yang diuji adalah (1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi bentuk soal tes formatif uraian lebih unggul dari pada siswa yang diberi bentuk soal tes formatif pilihan ganda (2) Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk soal tes formatif dengan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap positif terhadap matematika, yang diberi bentuk soal tes formatif uraian lebih tinggi dari pada siswa yang diberi bentuk soal tes formatif pilihan ganda. (4) Hasil belajar matematika untuk kelompok siswa yang bersikap negatif terhadap mata pelajaran matematika, yang diberi bentuk soal tes formatif uraian lebih rendah daripada siswa yang diberi bentuk soal tes formatif pilihan ganda. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan cluster random sampling design dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tangerang, pada tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Variabel criterion factorial adalah hasil belajar matematika dan variabel perlakuan adalah bentuk soal tes formatif uraian untuk kelompok eksperimen (A1) dan bentuk soal tes formatif pilihan ganda untuk kelompok kontrol (A2), sedangkan variabel atribut adalah sikap siswa terhadap mata pelajaran Matematika dikelompokkan menjadi
2 yaitu, sikap positif terhadap mata pelajaran Matematika (B1) dan sikap negatif terhadap mata pelajaran Matematika (B2). Teknik analisis Varians (ANAVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji t-Dunnett pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil belajar Matematika pada siswa yang diberi bentuk soal tes formatif uraian lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi bentuk soal tes formatif pilihan ganda. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk soal tes formatif dengan sikap siswa terhadap hasil belajar Matematika. (3) Hasil belajar matematika untuk kelompok siswa yang mempunyai sikap positif terhadap mata pelajaran matematika, Siswa yang diberi bentuk soal tes formatif uraian lebih tinggi dari siswa yang diberi bentuk soal tes formatif pilihan ganda. (4) Hasil belajar matematika untuk kelompok siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap mata pelajaran matematika, Siswa yang diberi bentuk soal tes formatif uraian lebih rendah dari siswa yang diberi bentuk soal tes formatif pilihan ganda.