Abstrak
NGATIMAN, Pengaruh Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar (2013). Tesis. Jakarta: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode survey yang dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan agustus 2012 hingga Maret 2013 dengan sampel sebesar 120 orang guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Adapun sampel tersebut dipilih dengan menggunakan metode acak proporsional. Pengukuran dan pengambilan data dari masing-masing variabel penelitian ini menggunakan kuisioner. Kemudian data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan statistik analisis jalur dengan terlebih dahulu melewati uji persyaratan analisis. Keterandalan instrumen Etos Kerja Guru Sekolah Dasar, Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dan Motivasi Kerja Guru, dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa keterandalan instrumen Etos Kerja Guru Sekolah Dasar adalah 0,933 dengan 34 item valid. Hasil uji coba instrumen Gaya Kepemimpinan kepala sekolah bahwa keterandalannya adalah 0,970 dengan 32 item valid. Hasil uji coba instrumen Motivasi Kerja Guru menunjukkan bahwa keterandalannya adalah 0,920 dengan 33 item valid Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan kepala sekolah terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar dengan persamaan regresi 3 ?X =108,459 + 0,226X1, koefisien korelasi sebesar 0,701, koefisien jalur sebesar 0,25 pada α = 0,05, 2) Terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja Guru dengan persamaan regresi 3 ?X =101,973 + 0,317X2, koefisien korelasi sebesar 0,787, koefisien jalur sebesar 0,601 pada α = 0,05, 3) Terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Kerja Guru terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar dengan persamaan regresi 2 ?X =23,413 + 0,667X1, koefisien korelasi sebesar 0,759, koefisien jalur sebesar 0,759 pada α = 0,05. Dengan nilai pengaruh p31 sebesar 0,25, p32 sebesar 0,60, dan p21 sebesar 0,759. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Etos Kerja Guru Sekolah Dasar dapat ditingkatkan melalui upaya perbaikan Gaya Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Kerja Guru. Implikasi dari penelitian ini adalah langkahlangkah meningkatkan Etos Kerja Guru dengan jalan membenahi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Sebuah usaha penelitian yang telah dilakukan akan lebih baik kiranya, jika hasil penelitian tersebut dapat memberi manfaat terhadap objek yang diteliti maupun terhadapinstitusinya. oleh karena itu, disarankan bagi guru dan pimpinan sekolah untuk lebih memperhatikan serta menumbuhkan Etos Kerja Guru dengan berbagai macam cara, baik dari dalam maupun luar diri itu sendiri.