Abstrak
NAHDIANA,Hubungan Antara Kreaktivitas Kepemimpinan Kepala Sekolahdan Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Sanggar 12 Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Tesis.Jakarta Sekolah Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kepuasan kerja guru yang dimiliki oleh guru terhadap organisasi dengan cara pembuktian hubungan antara kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi pada SMA Negeri di Sanggar 12 Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pasar Minggu dengan metode penelitian lapangan melalui survey, menggunakan kuesioner dengan analisis korelasi.Populasi target adalah guru SMA Negeri di kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan dan Populasi terjangkau 429 orang guru di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling), menurut rumus Slovin dan persenkelonggaran α = 0,05 ditetapkan sampel sebanyak 145 orang guru sebagai responden. Hipotesis penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan positip antara kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru; 2) terdapat hubungan positip antara komitmen organisasi dengan kepuasan kerja guru; 3) terdapat hubungan positip antara kreaktivitas kepemimpianan kepala sekolah dan komitmen organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Uji validitas menggunakan program Aplikasi SPSS 17 untuk variable kreakyivitas kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi dengan kepuasan kerja guru. Uji reliabilitas menggunakan perhitungan Alpha Cronbach untuk variable kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah dan komitmenorganisasi dengan kepuasan kerja guru. Hasil perhitungan koefisien reliabilitas untuk variable kepuasan kerja guru 0,89; dan variable kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah 0,87; dan variable komitmen organisasi 0,94. Data dianalisis dengan statistic deskriptif dan inferensial.Untuk menguji hipotesis digunakan tehnik korelasi dan regresi sederhana tunggal maupun regresi sederhana ganda. Penelitian menyimpulkan sebagai berikut : pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru , dimana thitung= 11,619>ttabel= 1,98 pada taraf nyata α = 0,05, kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen organisasi dengan kepuasan kerja guru, dimana thitung= 3,921>ttabel= 1,98 pada taraf nyata α = 0,05 , ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi dengan kepuasan kerja guru , dimana koefisien korelasi ganda 0,565 , Fhitung = 92,146>Ftabel = 3,06 dan koefisien determinasi 0,565 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang ditunjukan dengan persamaan regresi gandaŶ= 7,596 + 0,671 X1 + 0,283 X2. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disimpulkan bahwa kepuasan kerja guru dapat meningkat apabila kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi juga meningkat. Upaya peningkatan kreaktivitas kepemimpinan kepala sekolah melalui peran pemimpin yang adil, bijaksana dan demokratif serta stasional. Sedangkan upaya peningkatan komitmen organisasi dilakukan melalui peningkatan kinerja, rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan, dan sanggup menerima perubahan.Serta merasa memiliki kelekatan terhadap keberadaan sekolah. Pada akhirnya penelitian ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan kualitas kerja guru melalui kepuasan kerja guru di sekolah Jakarta Selatan , khususnya guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Sanggar 12 Kecamatan PasarMinggu Jakarta Selatan dimasa yang akan datang.