Abstrak
Ria Yusnita. Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Strategi POSSE (Predict, Organize, Search for Structure, Summarize, and Evaluate) (Penelitian Tindakan di SMA Negeri 3 Rangkasbitung). Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan melalui penerapan Strategi POSSE. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 3 Rangkasbitung Semester Genap tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu: observasi, tes tulis pilihan ganda, dan angket. Diawali dengan pemberian tes awal, peneliti membuat rencana tindakan untuk diimplementasikan melalui langkah-langkah dalam siklus-siklus guna meningkatkan kemampuan memahami bacaan. Setiap akhir dari siklus dilakukan tes untuk mengevaluasi tindakan yang telah dilakukan selama satu siklus. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah peneliti sendiri, angket, dan tes yang diberikan. Aspek yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami bacaan melalui Strategi POSSE, yaitu dengan cara memprediksi, menyusun, membaca, meringkas, dan mengevaluasi. Pengukuran memahami bacaan didasarkan pada aspek: isi, organisasi, bahasa, dan tujuan. Penelitian ini berlangsung selama 10 kali pertemuan yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi ajar didasarkan KTSP. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan memahami bacaan siswa dapat diamati melalui proses pembelajaran dan dari hasil tes. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan memahami bacaan dengan penerapan Strategi POSSE dapat memberikan hasil yang memuaskan. Pada Siklus I, dari hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa terdapat 25 siswa (62,5%) memiliki kemampuan memahami bacaan yang lebih baik didasarkan aspek kemampuan, minat, sikap, motivasi, dan tujuan. Adapun secara kuantitatif, rata-rata kemampuan memahami bacaan adalah 70,33. Pada Siklus II, terdapat 33 siswa (82,5%) memiliki kemampuan memahami bacaan yang baik. Secara kuantitatif, rata-rata kemampuan memahami bacaan adalah 82,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami bacaan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Oleh karena itu, strategi POSSE disarankan digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi ajar memahami bacaan pada pelajaran siswa SMA Kelas X.