Abstrak
SALMAH, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi kerja guru terhadap Kinerja Guru Sekolah menengah Kejuruan Negeri I Depok. TESIS, Program Pascasarjana UHAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Depok. Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Depok, dengan metode penelitian survey. Responden penelitian adalah guru Sekolah menengah Kejuruan Negeri I Depok yang berjumlah 85 orang responden, di mana terdiri atas 30 orang responden untuk uji coba dan 55 orang responden untuk objek penelitian. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini sama dengan populasi yaitu semua guru yang mengajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Depok, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi atau studi kasus. Adapun Instrumen yang dipakai dalah penelitian ini mempergunakan angket kuesioner. Kinerja guru sebagai variable terikat (dependent variable) dan angket Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja guru sebagai variable bebas ( Independent variable). Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment, uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crombach?s. Hasil perhitungan koefisien reliabilitas untuk variable kinerja guru = 0,933, variable gaya kepemimpinan kepala sekolah = 0,933, dan variable motivasi kerja guru = 0,949. Data untuk ketiga variable diperoleh dengan melalui angket. Adapun analisa data dan pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan rumus regresi dan korelasi. Hipotesis pertama, kedua dan ketiga di analisis dengan rumus regresi dan korelasi sederhana, selanjutnya menganalisis korelasi dengan menggunakan Path Analysis (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1): terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dengan koefisien korelasi rx1x3 = 0,667 dan persamaan regresi 3 = 16,899 + 0,823 X1, koefisien determinasi = 0,4449. Konstribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja kerja guru sebesar 44,49 %. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi rx2x3 = 0,665 dan persamaan regresi 3 = 18,740 + 0,832X2 , koefisien determinasi = 0,4422. Konstribusi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 44,22%. ( 3 ) : terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan koefisien korelasi rx1x2 = 0,620 dan persamaan regresi 2 = 40,937 + 0,612X1, koefisien determinasi = 0,3844. Konstribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 38,44%. (4) : berdasarkan analisis jalur (path analysis) di dapat P21 = 0,62, P31 = 0,42 dan P32 = 0,39 di atas 0,05 yang berarti path analysisnya signifikan.