Abstrak
MEGA INDAH QODRATI : Hubungan Kemampuan Matematika Trigonometri Dengan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA Di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemampuan matematika trigonometri dengan hasil belajar fisika pokok bahasan keseimbangan benda tegar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ? terdapat hubungan antara kemampuan matematika trigonometri dengan hasil belajar fisika pokok bahasan keseimbangan benda tegar?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 kota Tangerang Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2011 / 2012. Sampel diambil secara acak sederhana ( simpel random sampling ) dengan mengambil 30 siswa untuk kelas eksperimen dari 102 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan teknik korelasi. Instrumen kemampuan matematika trigonometri ( X ) menggunakan instrumen tes, dan hasil belajar fisika pokok bahasan keseimbangan benda tegar ( Y ) menggunakan tes hasil belajar, kedua instrumen tersebut berupa soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen tes kemampuan matematika di uji cobakan ke 30 siswa pada kelas uji coba. Hasil analisis untuk pengujian reliabilitas menggunakan KR-20, untuk tes kemampuan matematika r11 = 0,89 >0,361=rtabel dan hasil belajar fisika r11 = 0,89 >0,361=rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Pengujian normalitas menggunakan galat taksiran menghasilkan Lhitung = 0,1 <0,161 = Ltabel disimpulkan data berdistribusi normal. Data tes kemampuan matematika dengan rata ? rata 78,733 dikorelasikan dengan hasil belajar fisika dengan rata ? rata 75 menghasilkan Fhitung = 45,97 > 4,2 = Ftabel untuk taraf signifikansi α = 0,05 dan Fhitung = 45,97>7,64 = Ftabel untuk taraf signifikansi α = 0,01 disimpulkan model regresi linier sangat signifikan. Selajutnya Fhitung = 2,48 < 2,55 = Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan Fhitung = 2,48 < 3,76 = Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,01 disimpulkan regresi linier. Ujinsignifikansi korelasi pada taraf signifikansi α = 0,05 thitung = 6,59 > 2,06 = ttabel dan taraf signifikansi α = 0,01 thitung = 6,59 > 2,47 = ttabel. Koefisien determinasi sebesar 60,84 %. Disimpulkan bahwa kemampuan matematika trigonometri menghasilkan siswa memberikan kontribusi terhadap hasi belajar fisika siswa pokok bahasan keseimbangan benda tegar. Sehingga peneliatian ini bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Kata Kunci : Fisika, Kemampuan matematika Trigonometri, Hasil Belajar Fisika