Abstrak
DIAH FAJARYANTI. NIM: 0801135003. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Antara Medote Discovey Learning Dengan Drill Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di SMA Negeri 11 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu didikan,Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tidak atau terdapat perbandingan hasil belajar fisika siswa antara metode Discovery Learning dengan Drill. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbandingan hasil belajar fisika siswa antara metode Discovery Learning dengan metode Drill. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Bekasi Kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen. Dengan populasi target yaitu seluruh siswa SMA Negeri 11 Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya seluruh siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling yang ditentukan secara acak sederhana dan diambil 40 siswa dari kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa dari kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda. Uji validitas dengan rumus biserial didapat 35 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richarson-20 sebesar rhitung = 0,855 > 0,297 = rtabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,083 < 0,140 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,111 < 0,140 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,113 < 1,746 = Ftabel, hal ini berarti populasi dari dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Dari hasil analisis deskripsi data didapat nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 71,2 sedangkan kelas kontrol 65,25 berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung= 2,895 > 1,994 = ttabel dengan menggunakan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar fisika siswa antara metode Discovery Learning dengan Drill.