Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui mengenai Pengaruh Pelaksanaan Program Saluran Distribusi dan Penetapan Harga dampaknya terhadapat Peningkatan Volume Penjualan Produk (Studi PT. SCHNEIDER INDONESIA Jakarta). Hipotesis yang diuji adalah: (1)terdapat pengaruh saluran distribusi terhadapat peningkatan volume penjualan, (2)terhadapat pengaruh harga terhadapat peningkatan volume penjualan, (3) terhadapat pengaruh harga dan saluran distribusi terhadapat peningkatan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, questioner, interview, observasi dan teknik perpustakaan pada kelompok dipasar tradisional maupun toko-toko resmi yang berada di Kota DKI Jakarta. Penelitian juga dilakukan dikantor PT. SCHNEIDER INDONESIA Jakarta, Ventura Building 7th Floor Jl. R.A. Kartini Kav.26 Cilandak Jakarta 12430. Populasi penelitian adalah toko-toko yang berjumlah 100 toko, sedangkan sampling penelitian 100 responden, yang diambil dengan pemilihan responden sebanyak 80 responden termasuk di dalamnya para distributor yang berkepentingan untuk memasarkan dan menjual produknya. Menetapkan harga yang ekonomis bagi pelanggan serta harga yang menguntungkan bagi para pengecer, dimana kebijaksanaan faktor harga stabil dibandingkan dengn produk sejenis atau produk pesaing perlu menjadi perhatian dan pertimbangan produsen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan total responden sebanyak 200 dimana sebagian besar adalah para usaha kecil menengah yang menjual produk baik dipasar tradisional maupun pasar modern Di wilayah DKI Jakarta. Dengan metode sampling sebanyak 80 responden telah ditetapkan sebagai pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM) pada produk MV Prefabricated equipment SM6 Cubicle. Kemudian dari analisis dan pengujian diperoleh hasil adalah sebagai berikut: Terhadap pengaruh variabel Saluran Distribusi (X1) terhadap peningkatan Volume Penjualan(X3) ialah sebesar R(X1) x 100% = 0,270x100% = 27,0%; Terdapat pengaruh variabel Harga (X2) terhadap variabel Peningkatan Volume Penjualan (X3) ialah R=0,323X100% = 32,3%; Terdapat pengaruh variabel Saluran Distribusi (X1) dan variabel Harga (X2) terhadap variable Peningkatan Volume Penjualan (X3) ialah R=0,179X100% = 17,9%. Sebagai produsen yang sudah mapan seyogyanya menjaga, mempertahankan dan meningkatkan produk yang berkualitas, juga menjaga kestabilan harga. Menyediakan produk dengan jumlah yang cukup Dengan demikian produk akan semakin dicari oleh para pelanggan.