Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap kemampuan berbicara siswa (Penelitian Eksperimen siswa SMPN 10 Depok). Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen angket skala sikap konsep diri siswa (X) dan tes lisan kemampuan berbicara siswa (Y) masingmasing 25 butir pertanyaan. Pengujian instrumen menggunakan korelasi Pearson product Moment. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket (variable Konsep diri siswa) dan kemampuan berbicara siswa menggunakan tes lisan. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik ANOVA 2 jalur. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji homogenitas), data diolah dengan program SPSS 17.0. Berdasarkan Anova 2 jalur hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan rata-rata kemampuan berbicara siswa antara siswa yang mempunyai konsep diri positif dan konsep diri negatif di mana besar signifikasi untuk konsep diri siswa adalah 0,008 (signifikansi < 0,05), nilai rata-rata kelompok siswa yang memiliki konsep diri posistif adalah 77,04 lebih besar dari nilai rata-rata kelompok siswa dengan konsep diri negatif yang besarnya 74,33. Hal ini menunjukkan bahwa konsep diri siswa mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa, (2) ada perbedaan rata-rata kemampuan berbicara siswa antara siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri dan ekspositori, di mana besar signifikansi untuk metode pembelajaran adalah 0,000 (signifikansi < 0,05). Nilai rata-rata kelompok eksperimen 78,5, lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol 72,88. Hal ini menunjukkan bahwa metode inkuiri mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dibandingkan dengan metode ekspositori. Ini berarti ada interaksi antara metode pembelajaran dan konsep diri siswa bersamasama terhadap kemampuan berbicara siswa di mana besar signifikansi untuk (konsep diri siswa dan metode pembelajaran (signifikansi 0,001). Besaran signifikansi jauh lebih kecil dari 0,05 (signifikansi lebih kecil 0,05), data diolah dengan program SPSS 17.0.