Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang menentukan (diterminan) kinerja pekerja outsourcing call center PT. BRI untuk mempelajari pengaruh antara : (1) Pendidikan terhadap kinerja melalui motivasi kerja; (2) Keahlian terhadap kinerja melalui motivasi kerja; (3) Disiplin Kerja terhadap kinerja melalui motivasi kerja; (4) Secara bersama-sama terhadap kinerja melalui motivasi kerja . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Sesuai dengan banyak variabel, penelitian ini menggunakan tiga instrumen (1) Kinerja Pekerja Outsourcing Call Center BRI (Variabel Dependent); (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi (Diterminan); (3) Semua faktor diterminan memiliki hubungan. Butir-butir ketiga instrumen dibuat oleh peneliti berdasarkan indikatornya, sebelum instrumen ini digunakan untuk menjaring data, di ujicobakan terlebih dahulu guna mengetahui validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis validitas butir instrumen kinerja Pekerja Outsoucing Call Center BRI dilakukan dengan cara menghitung konsistensi internal tiap butir dengan cara menghitung rumus Chi Kuadrat dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Spearman Brown. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif antara pendidikan terhadap kinerja pekerja call center BRI dengan rhitung = 0,235 dan Y= 76,992 + 0,137 X1; (2) terdapat hubungan positif antara keahlian pegawai terhadap kinerja dengan rhitung = 0,192 dan Y = 77,617 + 0,130 X2; (3) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja terhadap kinerja dengan rhitung = 0,371 dan Y= 59,887 + 0,335 X3; (4) terdapat hubungan positif antara motivasi terhadap kinerja rhitung = 0,291 dan Y= 69,847 + 0,220 X4; (5) Variabel X1 sampai X4 bersama-sama terhadap kinerja pekerja call center BRI dengan rhitung = 0,238 dan Y = 35, 754 + 0,049 X1 + 0.092 X2 + 0.276 X3 + 0,204 X4.