Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berkomunikasi IPA siswa SMA Negeri 9 Tangerang berdasarkan gender pada sub konsep pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Tangerang tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan di kelas serta keaktifan siswa di dalam kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X.7 yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2012, dengan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda terdiri dari 35 pertanyaan pada sub konsep pencemaran lingkungan yang mencakup indikator berkomunikasi dalam hal membaca tabel, bagan dan grafik. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi IPA siswa kelas X SMA Negeri 9 Tangerang secara keseluruhan tergolong cukup dengan nilai 60,1%. Rata-rata skor kemampuan berkomunikasi dalam membaca tabel, bagan dan grafik pada siswa laki-laki sebesar 57,1% dengan kategori kurang dan siswa perempuan sebesar 62,3% dengan kategori cukup