Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Se-Gugus 10 Kelurahan Pondok Pinang Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Se-Gugus 10 Kelurahan Pondok Pinang Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2010 ? 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai. Populasi targetnya adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Se-Gugus 10 Kelurahan Pondok. Populasi terjangkau berjumlah 669 siswa yang dan sampel diambil dengan teknik random sampling sebanyak 100 siswa dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk menguji hipotesis tersebut menggunakan analisis hubungan. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan hasil belajar pelajaran matematika siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 19,118 + 0,433X1 dan koefisien korelasi 0,630, yang signifikn pada taraf = 0,05. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika dengan hasil belajar pelajaran matematika siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 138,863 - 0,485X2 dan koefisien korelasi 0,571. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan positif secara bersama-sama antara Motivasi Berprestasi dan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Mata Pelajaran Matematika dengan hasil belajar pelajaran matematika siswa dengan memiliki persamaan regresi Ŷ = 74,166+ 0,322X1 - 0,309X2. dan koefisien korelasi gandanya sebesar 0,709.