Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Curug.
Penelitian ini menggunakan 3 hipotesa sbb: (1) terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa, (2) terdapat pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, (3) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa dari tiga sekolah dengan populasi target sebanyak 1921 siswa dan populasi terjangkau 619 siswa. Peserta didik yang terpilih menjadi sampel penelitian berjumlah 323 siswa, yang terpilih dengan teknik simple random sampling.
Metode yang digunakan adalah metode survai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes untuk variabel prestasi belajar. Sedangkan untuk variabel perhatian orang tua dan motivasi berprestasi menggunakan kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) perhatian orang tua berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien jalur (p31) = 0,16 > 0,05. 2) motivasi berprestasi berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien jalur (p32) = 0,80 > 0,05. 3) perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur (p21) = 0,986 > 0,05.
Dengan adanya perhatian orang tua, peserta didik lebih peduli terhadap materi pelajaran disekolah, lebih memperhatikan setiap pembelajaran yang diberikan guru, dengan demikian tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Perhatian orang tua juga dapat berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa, yang berguna untuk memperoleh prestasi belajar IPA yang baik. Dengan demikian para orang tua harus lebih meningkatkan perhatian kepada anaknya, sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajarnya.