Abstrak
ABSTRAK LENA ANGGRAINI PURWANINGRUM. NIM : 0701045128. ?Upaya Meningkatkan Minat Dalam Pembelajaran IPS Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN Pamulang III Tangerang Selatan?. Skripsi Jakarta : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Alasan penilitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran PKn agar mengarah kepada pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui media lingkungan sosial pada siswa kelas IV SDN Pamulang III Tangerang Selatan Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Prosedur pelaksanaannnya mengacu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dimana siklusnya terdiri atas empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subyek penelitian kelas IV dengan jumlah 40 siswa tahun pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini, peneliti terjun langsung ke lapangan sebagai guru di siswa kelas IV SDN Pamulang III Tangerang Selatan. Penelitiaan diawali dengan observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung, dilanjutkan dengan diadakannya kolaborasi antara peneliti/guru dengan teman sejawat sebagai observer/kolaborator. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah suatu proses dari pelaksanaan pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar IPS dengan menggunakan media lingkungan sosial yang ditandai dengan adanya peningkatan minat dalam pembelajaran pada setiap siklus. Peningkatan minat dalam pembelajaran IPS secara runtut dapat dilihat yaitu : pada Siklus I minat siswa sebesar 2 untuk siswa yang minatnya tinggi, 28 siswa dengan minat sedang, 10 siswa untuk minat rendah. Pada siklus II minat siswa sebesar 19 untuk siswa yang memiliki minat tinggi, 13 siswa untuk minat sedang, 8 siswa untuk minat rendah, dan pada siklus III, minat siswa sebesar 32 untuk siswa yang minatnya tinggi, 6 siswa dengan minat sedang, 2 siswa untuk minat rendah. Pembelajaran IPS menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa. Melalui penggunaan Media lingkungan sosial pembelajaran IPS dapat membangkitkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS sehingga apa yang sudah dipelajari dapat diterapkan kehidupan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sosial dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Pamulang III Tangerang Selatan.