Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh bentuk soal tes formatif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan mengontrol Intelligence Quotient (IQ) siswa. Penelitian ini menggunakan design eksperimen dengan metode Analisis Kovarian (ANCOVA) satu jalan. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling yaitu mengambil 86 siswa kelas enam di Sekolah Dasar Pembangunan JayaTangerang Selatan pada tahun ajaran 2012- 2013. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bentuk tes formatif, variable terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Sedangkan Intelegensi sebagai variabel kontrol (Covariate Variable). Dimana bentuk soal tes formatif yang digunakan adalah bentuk soal tes formatif essay, isian singkat, dan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) setelah mengontrol Intelligence Qoutient (IQ) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang di berikan bentuk soal tes formatif essay ternyata tidak berbeda dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang di berikan bentuk soal tes formatif pilihan ganda; 2) setelah mengontrol Intelligence Qoutient (IQ) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang diberikan bentuk soal tes formatif isian singkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa bentuk soal tes formatif pilihan ganda; 3) setelah mengontrol Intelligence Qoutient (IQ) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang diberikan bentuk soal tes formatif essay lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa bentuk soal tes formatif pilihan ganda.