Abstrak
ABSTRAK ADE RIANTI NIM 0901047343 Permainan Tebak Gaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas III SDN Klapanunggal 01 Bogor. Skripsi Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar IPS melalui permainan Tebak Gaya oleh peserta didik di kelas III SDN Klapanunggal 01 Bogor. Tahunajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan melalui permainan Tebak Gaya. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas III di SDN Klapanunggal 01. Kecamatan Kapanunggal- Bogor. Tahun ajaran 2010/2011. Teknik dan instrument pengumpulan data yang diambil peneliti adalah dengan lembar observasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui siklus I dan siklus II. Dalam siklus I dan siklus II peneliti mengambil hasil tes setiap individu. Setelah peneliti memperoleh nilai rata-rata peserta didik dalam siklus I adalah 67.7 dan nilai rata-rata peserta didik dalam siklus II adalah 85.9. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui permainan Tebak Gaya pada pelajaran IPS di kelas III di SDN Klapanunggal 01. Kec. Klapanunggal-Bogor. Kemudian mata pelajaran IPS bukan lagi menjadi mata pelajaran yang membosankan. Akan tetapi dapat dibuat menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Hasil pembelajaran peserta didik yang dilaksanakan menjadi 2 siklus ini dianggap sudah menguasai kompetensi dasar pada mata pelajaran IPS karena telah memperoleh nilai diatas KKM dengan angka yang cukup tinggi. Sedangkan nilai KKM nya adalah 60. Hal ini pun menjadi sebuah acuan untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan pada semua mata pelajaran maka diperlukan strategi-strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga peserta didik merasa senang pada semua mata pelajaran.