Abstrak
ABSTRAK Septi Wulandari. NIM : 0901047039. ?Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Quantum Learning di kelas IV SDN Rambutan 02 Pagi Jakarta Timur?. Skripsi Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan memfokuskan pada penggunaan metode Quantum Learning. Manfaat proses penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukanperubahan untuk perbaikan penbelajaran IPS di kelas IV SDN Rambutan 02 Pagi Ciracas Jakarta Timur, sehingga dapat meningkatkan minat, aktifitas, hasil belajar, dan interaksi yang positif antara guru dan peserta didik terhadap pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Teggart, dimana siklusnya terdiri atas empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV Tahun pelajaran 2010/ 2011. Penelitian ini diawali dengan observasi dengan guru kelas IV , kemudian dilanjutkan dengan diadakannya kolaborasi antara guru dan penulis dalam penyusunan rencanapembelajaran yang akan dilaksanakan. Observasi kelas dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil akhir penelitian ini adalah terjadinya peristiwa belajar sebagai suatu proses aktif dan interaktif yang menunjukkan : Hasil akhir penelitian ini adalahterjadinya peristiwa pembelajaran aktif dan interaktif yaitu semua siswamenunjukkan : (1) proses pembelajaran IPS melalui metode quantum learningdapat meningkatkan keaktifan siswa yang positif, (2) proses pembelajaran IPS melalui metode quantum learning dapat meningkatkan keberanian siswa untuk berpendapat tentang materi pembelajaran, (3) proses pembelajaran IPS dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari, (4) proses pembelajaran IPS melalui quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat terlihat pada siklus I nilai rata-rata siswa dari subyek penelitian sebanyak 26 siswa adalah 70,38 mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebanyak 11 atau 42,30%.. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 70,38 menjadi 77,30, siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebanyak 23 siswa atau 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan telah menunjukan bahwa melalui metode Quantum Learning dalam pembelajaran IPS telah terjadi peningkatan dalam hasil belajar siswa . Dengan menggunakan metode quantum learning membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif dalam menemukan jawaban sendiri, terlibat langsung dalam pembelajaran, sehingga siswa memiliki pengalaman belajar dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna.