Abstrak
ABSTRAK RISKA KURNIASIH. NIM : 0701045194. Hubungan Kemampuan Memahami Cerita Dengan Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Skripsi. Jakarta : Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kemampuan memahami cerita dengan hasil belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita . Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?ada hubungan antara kemampuan memahami cerita siswa dengan hasil belajar Matematika dalam menyelesaikan soal cerita siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipete Utara 11 Pagi Jakarta Selatan pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas IV yang keseluruhannya berjumlah 60 siswa di SDN Cipete Utara 11 Pagi yang diteliti berjumlah 30 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling acak atau disebut dengan istilah random sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen kemampuan memahami cerita (variabel X) menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan instrumen hasil belajar Matematika dalam menyelesaikan soal cerita siswa (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar Matematika siswa. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas yaitu dengan uji lilliefors dan uji linieritas dengan regresi linier sederhana. Dari hasil pengujian normalitas untuk data kemampuan memahami cerita (variabel X ) diperoleh L hitung =0,1483<0,161=Ltabel dan data hasil belajar Matematika dalam menyelesaikan soal cerita siswa (variabel Y) diperoleh L hitung =0,1033<0,161=Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ= 4,80+0,523X.Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan uji t. Dari perhitungan korelasi product moment didapat r hitung =0,405, dari uji t didapat t hitung =2,343>1,697= t tabel yang berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan memahami cerita dengan hasil belajar Matematika dalam menyelesaika soal cerita siswa, sedangkan dari perhitungan koefisien diterminan diperoleh 0,164 artinya kemampuan memahami cerita memberikan kontribusi sebesar 16,4% terhadap hasil belajar Matematika dalam menyelesaikan soal cerita siswa.