Abstrak
Penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh media pembelajaran (X1 ) dan Tingkat Minat Siswa (X2 ) terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Y). Hipotesis yang diuji adalah: (1) Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual (MA) lebih tinggi dari pada hasil belajar Bahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran Cetak (MC), (2) Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa yang Memiliki Tingkat Minat Tinggi dan Siswa yang Memiliki Tingkat Minat Rendah, a. Siswa yang mempunyai Tingkat Minat Tinggi dan diajar dengan Media Pembelajaran Audi Visual, lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang memiliki tingkat Minat Tinggi dan diajar dengan Media Pembelajaran Cetak (MC). (b) Pada siswa dengan Tingkat Minat Rendah yang diajar dengan media pembelajaran Audio Visual (MA) lebih tinggi hasil Belajarnya daripada siswa yang diajar dengan Media Pembelajaran Cetak (MC). (3) Terdapat Interaksi antara Media Pembelajaran dan Tingkat Minat Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, adapun tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik Multistage Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai tingkat minat tinggi dan rendah. Hasil uji coba instrumrn penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrument hasil belajar Bahasa Arab sebesar 0,95 dan reliabilitas instrument Tingkat Minat sebesar 0,83 Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Hasil belajar Bahasa Arab siswa yang diajar dengan media pembelajaran Audio Visual (MA) lebih tinggi daripada hasil belajar Bahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran Cetak (MC). Dari hasil penelitian dengan menggunakan ANAVA dua jalur diperoleh harga F hitung sebesar 37,30 lebih besar dari harga F tabel yaitu 4,04 pada taraf signifikansi 0,05. 2. Pada siswa yang mempunyai Tingkat Minat tinggi hasil belajar Bahasa Arab siswa yang diajar dengan Media pembelajaran Audio Visual (MA), lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran Cetak( MC). Dari hasil penelitian diperoleh harga F hitung 207,39 Lebih besar daripada F tabel 4,04 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji lanjut dengan menggunakan Uji Turkey diperoleh harga Q hitung sebesar 4,30 lebih besar dari Q tabel yaitu 3,77 sedangkan pada siswa yang mempunyai tingkat minat rendah, hasil belajar siswa yang diajar dengan Media Audio Visual lebih unggul daripada menggunakan Media Audio Visual yaitu F hitung 207,39 .> F tabel 4,04 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil Uji lanjut dengan menggunakan Uji Turkey diperoleh harga Q hitung sebesar 0,47 lebih besar dari Q tabel yaitu3,77. 3. Terdapat interaksi antara Media Pembelajaran dan Tingkat Minat siswa terhadap hasil belajar Bahasa Arab. Dari hasil penelitian diperoleh F hitung = 24,02 > F tabel 4,04 untuk taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk perbaikan proses pembelajaran di kelas dengan cara dijadikan salah satu literature guru Bahasa Arab yang berkeinginan meningkatkan kemampuan mengajar, guru menjadi fasilitator dalam kegiatan pembelajaran.