Abstrak
ABSTRAKSI Analisis Kesalahan Dalam Karangan Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2010-2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban dari permasalahan yang ada, yaitu kesalahan pemilihan kosakata (goi), partikel (joshi), dan pola kalimat (bunkei) pada karangan mahasiswa semester IV program studi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA tahun ajaran 2010-2011. Dan kondisi pola pikir mahasiswa dalam karangan yang masih terpaku pada pola kalimat bahasa Ibu yaitu bahasa Indonesia, yang kemudian terkesan karangan tersebut menjadi karangan bahasa Indonesia yang di-bahasa Jepangkan. Karena kurangnya latihan dalam mengarang dan penguasaan pada pemilihan kosakata (goi), partikel (joshi), dan pola kalimat (bunkei). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik studi pustaka, mengumpulkan data dari berbagai macam sumber buku yang bersangkutan dengan penelitian ini, kemudian dianalisis semua data dan diinterprestasikan. Kesimpulannya, bahwa hasil penelitian ini bahwa mahasiswa semester IV program studi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA tahun ajaran 2010-2011 masih perlu banyak latihan dalam pelajaran mengarang (sakubun).