Abstrak
Efektifitas Media Poster Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Jepang Dasar Pada Siswa SMK Widya Patria 2 Jakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012 NUNU NURDIANA 1001077004 Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan tata bahasa Jepang dasar sebelum menggunakan media poster di SMK Widya Patria 2 Jakarta. Untuk mengetahui kemampuan tata bahasa Jepang dasar sesudah menggunakan media poster di SMK Widya Patria 2 Jakarta. Untuk mengetahui efektifitas media poster dalam pembelajaran tata bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Penulis menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelas kontrol. Di dalam kelompok eksperimen diberikan penggunaan media poster sebagai alat media pembelajaran tata bahasa Jepang. Sedangkan kelas kontrol tidak diberikan penggunaan media poster sebagai alat media pembelajaran tata bahasa Jepang. Berdasarkan hasil analisis nilai rata- rata kemampuan tata bahasa Jepang dasar setelah menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan dengan hasil nilai rata-rata kemampuan tata bahasa Jepang dasar sebelum menggunakan media poster. Nilai thitung yang diperoleh adalah 34, 46, sedangkan ttabel yang diperoleh adalah 1,70. Karena thitung lebih besar dari ttabel , maka H0 ditolak. Sehingga dapat iv disimpulkan bahwa dengan menggunakan media poster dalam pembelajaran tata Bahasa Jepang mempengaruhi kemampuan pemahaman tata bahasa Jepang siswa. Hipotesis statistik menunjukkan bahwa Hi diterima jika th > tt. Hasil uji t tersebut menunjukkan media poster efektif digunaka di siswa kelas X SMK Widya Patria 2 Jakarta. Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari angket, siswa memberikan tanggapan yang positif mengenai penggunaan media poster yang menyenangkan dan menarik dalam pembelajaran tata bahasa Jepang dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster efektif dalam pembelajaran tata bahasa Jepang dasar pada siswa kelas x SMK Widya patria 2 Jakarta tahun ajaran 2011/ 2012