Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk mengkaji persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan iklim belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri Kota Tangerang. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mengajar terhadap hasil belajar Biologi (2) Terdapat pengaruh langsung iklim belajar terhadap hasil belajar Biologi. (3) Terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap iklim belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan januari sampai Februari 2012 di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Tangerang, metode yang digunakan adalah metode survey kausal dengan teknik analisis jalur. Populasi terjangkau adalah siswa kelas X ditiga SMA Negeri Kota Tangerang. Sampel diambil 100 siswa dari tiga SMA Negeri Kota Tangerang dengan tehnik strarified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket yaitu tentang persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan iklim belajar, sedangkan hasil belajar Biologi diperoleh melalui tes. Dua instrumen yaitu persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan iklim belajar dengann validitasnya diperoleh dengan menggunakan Product Moment Pearson dan hasil belajar biologi validitasnya menggunakan Korelasi Point Biseral. Hasil uji coba menunjukan bahwa validitas butir pernyataan untuk persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terdapat 35 dari 40 butir pernyataan, iklim belajar terdapat 34 dari 40 butir pernyataan dan untuk hasil belajar Biologi terdapat 36 butir dari 40 butir soal. Hasil penelitian menyimpulkan beberapa hal sebagain berikut: Pertama, terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar Biologi, dengan persamaan regresi 3 X =- 80,522+ ,768X1 dan koefisien korelasi r13 = 0,996 pada tingkat signifikasi 0,05. Kofisien determinasi hasil belajr (X3) ditentukan oleh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru.(X1) sebesar 0,992. Kedua, terdapat pengaruh langsung iklim belajar terhadap hasil belajar Biologi dengan persamaan regresi 3 X = -77,762 + 0,741 dan koefisien korelasi r23 = 0,997. Pada tingkat signifikasi 0,05. Kofisien determinasi hasil belajar (X1) ditentukan oleh iklim belajar (X2) sebesar 0,994. Ketiga, terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru terhadap iklim belajar dengan persamaan 2 X = -3,454 + 1,035X1 dan koefisien korelasi r12 = 0,998. pada tingkat signifikasi 0,05. Koefisien determinasi iklim(X2) ditentukan oleh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru (X1) sebesar 0,996. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat dinyatakan antara variabel persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru (X1) dan Iklim belajar (X2) berpengaruh langsung terhadap hasil belajar Biologi. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan, Persepsis siswa tentang kemampuan mengajar guru dalam membantu belajar Biologi dan iklim belajar dalam meningkatkan hasil belajar Biologi (X3).