Abstrak
ABSTRAK
Darsono. Evaluasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Jakarta.
Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011.
Evaluasi ini memfokuskan pada Visi, Misi, Tujuan, RKAS‐1,RKAS‐2, dan
Kurikulum serta Dukungan Informasi dan Layanan Dinas Pendidikan tentang pelaksanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 30 Jakarta Utara (Konteks), Profil Kepala Sekolah,Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Sarana prasarana, Sumber Dana dan Pembiayaan dalam mendukung terlaksananya RSBI (Input), Sejauh manakah pelaksanaan RKAS‐1 dan RKAS‐2, dan Kurikulum dalam implementasi program RSBI (Proses). Sejauh manakah prestasi belajar baik akademik maupun Non akademik serta Keterserapan lulusan pada sekolah jenjang yang lebih tinggi telah tercapai (Produk). Data yang dikumpulkan menggunakan dokumen wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tekhnik cek list. Hasil setiap evaluasi berfokus pada pertanyaan evaluasi dari keempat aspek yaitu konteks, input, proses, dan produk.
Pertanyaan‐pertanyaan evaluasi adalah (1) Bagaimanakah kesesuaian
Visi, Misi, dan Tujuan yang disusun terhadap landasan dan petunujk yang ditetapkan? (2) Bagaimanakah kesesuaian RKAS‐1,RKAS‐2 dan Kurikulum yang disusun telah sesuai dengan landasan dan petunjuk yang ditetapkan (3) Bagaimanakah dukungan informasi dan layanan Dinas Pendidikan dalam penyelenggaraan RSBI di SMPN 30 Jakarta ? (4) Bagaimanakah Profil Kepala Sekolah, tenaga pendidik dan kependdikan dalam mendukung terlaksananya program RSBI ? (5) Bagaimanakah ketersediaan sarana‐prasarana, dalam mendukung terlaksananya program RSBI ? (6) Bagaimanakah sumber dana dan pembiayaan dalam mendukung terlaksananya program RSBI ? (7) Bagaimnakah
pelaksanaan RKAS‐1 dan RKAS‐2 di SMPN 30 (8) Bagaimanakah pelaksanaan kurikulum di SMPN 30 ? (9) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah mengikuti program RSBI ? (10) Bagaimanakah keberhaasilan lulusan dalam melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih inggi ? (11) Bagaimanakah prestasi siswa dalam bidang kesenian,kesehatan, budaya dan keilmuan ? (12) Bagaimanakah keterampilan IT dan Bahasa siswa ? .
Evaluasi ini merupakan penelitian Kualitatif . Evaluator menggunakan
model strategi analisis deskriptif. Dari hasil pengamatan secara langsung, evaluator mendeskripsikan data yang diperoleh yang selanjutnya digunakan untuk menarik kesimpulan berupa kategorisasi. Data kualitatif diolah dengan menggunakan statistic deskriptif sehingga diketahui kelemaha dan kelebihan atau hal‐hal lain yang perlu diperhatikan sehingga didapat persentase, dan kategorisasi.
Hasil evaluasi menunjukan bahwa : Pertama Visi, Misi, Tujuan, RKAS‐
1,RKAS‐2, Kurikulum dan Dukungan informasi dan layanan Dinas Pendidikan setelah melalui analisis angket dan pendapat masyarakat telah sesuai. Kedua, kompetensi Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, saranaprasarana, sumber dana dan pembiayaan telah memadai tetapi perlu ditingkatkan, dan dikembangkan. Ketiga, pelaksanaan RKAS‐1, RKAS‐2 dan
Kurikulum berdasarkan hasil analisis dokumen telah sesuai, Keempat, prestasi belajar siswa setelah proses pembelajaran mengalami peningkatan, kepribadian siswa setelah proses pembelajaran mengalami peningkatan, dan kelima lulusan siswa dalam melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi telah mencapai target