Abstrak
ABSTRAK S. Yoyeh Muhajaroh, Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Bahasa Indonesia (Studi Korelasi Minat Baca Dan PEnguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif pada Siswa SMAN 1 MAUK). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2010. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi minat baca dan penguasaan kosakata dengan menulis kalimat efektif bahasa Indonesia pada siswa SMAN 1 Mauk program studi IPA. Penelitian ini menggunakan metode survey karena metode ini dianggap sesuai untuk mengumpulkan informasi atau data yang dipakai guna menentukan hubungan timbal balik antara variable terikat, yaitu menulis kalimat efektif bahasa Indonesia (Y) dengan variable bebas, yaitu minat baca (X1) dan penguasaan kosa kata (X2) Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan hal ? hal sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan menulis kalimat efektif siswa SMA Negeri 1 Mauk Tangerang pada taraf α = 0,05. Ini menunjukkan bahwa jika minat baca ditingkatkan maka menulis kalimat efektifnya akan menigkat. Demikian pula sebaliknya, jika penguasaan kosa kata diturunkan maka menulis kalimat efektifnya juga akan menurun. Hasil koefisien determinasi (r2 = 0,440) menunjukkan bahwa 44,0 % varians menulis kaliamt efektif ditentukan oleh minat baca; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara penguasaan kosa kata dengan menulis kalimat efektif siswa SMA Negeri 1 Mauk Tangerang pada taraf α = 0,05. Ini menunjukkan bahwa jika penguasaan kosa kata ditingkatkan maka menulis kalimat efektif akan juga meningkat. Demikian pula sebaliknya, apabila semakin rendah penguasaan kosa kata maka akan semakin rendah pula tingkat menulis kaliamt efektif. Hasil koefisien determinasi (r2 = 0,579) menunjukan bahwa 57,9 % varians menulis kalimat efektif ditentukan oleh penguasaan kosa kata; dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan penguasaan kosa kata secara bersama ? sama dengan menulis kalimat efektif (ry=x1x2 = 0,806) pada taraf α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa jika minat baca dan penguasaan kosa kata secara bersama ? sama ditingkatkan maka menulis kalimat efektif juga akan meningkat. Hasil koefisien determinasi (r2 = 0,649) yang menunjukkan bahwa 64,9 % varians menulis kalimat efektif ditentukan oleh minat baca dan penguasaan kosa kata secara bersama ? sama.