Abstrak
Dewasa ini, Bank Syariah di Indonesia yang menonjol berjuang keras untuk mempertahankan pelanggan mereka. Semua Bank Syariah masing-masing meningkatkan kualitas pelayanan mereka dengan tujuan agar nasabah merasakan puas dan tidak berpindah ke bank pesaing lainnya. Kepuasan adalah penilaian pelanggan terhadap penampilan dan kinerja barang atau jasa itu sendiri, apakah dapat memenuhi tingkat keinginan, hasrat dan tujuan pelanggan. Kepuasan pelanggan pada umumnya dipengaruhi oleh persepsi berbagai kualitas, baik jasa maupun produk. Maka dari pada itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai. Sampel dalam penelitian ini ialah berjumlah 30 responden, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampling insidental dan sampling purposive. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis yang digunakan ialah dengan menggunkan analisis regresi sederhana. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS 16, menunjukkan bahwa : Kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan nasabah, dari hasil uji koefisien korelasi menunjukkan angka 0,744 yang berarti hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai adalah kuat. Dan itu artinya semakin kuat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah maka ada pengaruh yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai. Uji regresi sederhana menunjukkan Y = 0,548 + 0,315x yang artinya berpengaruh positif. Adanya keterikatan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai. Dari uji Koefisien Determinasi menunjukkan nilai sebesar 55,3 % yang atinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan. Apabila dilihat dari segi 5 indikator yaitu Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Tangibles (Bukti Langsung), Courtecy (Keramahan), dan Credibility (Dapat dipercaya). Dan sisanya sebesar 44,7% (100% - 55,3 %) yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian lain. Selain itu, uji t menunjukan nilai < 0,05. Ini berarti kualitas pelayanan memang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai.