Abstrak
Kebutuhan manusia akan informasi mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi media massa. Televisi merupakan salah satu media yang berperan dalam memasok informasi. Pasca reformasi di Indonesia perkembangan pertumbuhan TV swasta yang meningkat begitu juga jurnalistik televisi. Hal ini semakin memicu persaingan. Penelitian ini mengkaji persaingan antarmedia dengan menggunakan teori niche untuk mengukur persaingan yang terjadi antara kedua program berita dengan menggunakan kategori beritanya yaitu berdasarkan topik kejadiannya. Teori utama dalam penelitian ini menggunakan teori Ekologi Media McLuhan yang menjelaskan hubungan timbal balik antara media dengan penunjangnya, pada penelitian ini antara program news dengan kategorinya sebagai penunjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dari analisis teori niche untuk menggambarkan tingkat persaingan diantara kedua media pada program berita dengan menggunakan kategori berdasarkan topik kejadiannya. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian deskriptif. Survei deskriptif
menjadi metode dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan rumus Levins dalam teori niche. Berdasarkan hasil penghitungan Niche Breadth seputar Indonesia sore, memiliki pola yang bersifat pola bersifat spesialis, artinya menggantungkan hidupnya dari satu sumber penunjang saja. Hasil Niche Breadth pada program Liputan 6 Petang menunjukkan program ini cenderung memiliki sifat generalis, artinya program ini menggantungkan hidupnya dari berbagai sumber penunjang. Hasil perhitungan dari Niche Overlap antara kedua program berita televisi tersebut diketahui bahwa tingkat persaingan diantara keduanya cukup tinggi.
Diharapkan nantinya penggunaan teori Niche dapat dikombinasikan dengan teori lain yang relevan seperti uses and gratification, selain itu mengembangkan penelitian pada program hiburan atau entertainment, juga dapat mengembangkan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dalam analisis teori Niche secara lebih sempurna dengan mengunakan keseluruhan aspek sumber penunjang. Melihat ketatnya persaingan antarmedia televisi khususnya pada program berita maka diharapkan mampu lebih mengembangkan ide-ide kreatif mengenai dunia jurnalistik televisi tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalistik dan penyiaran.