Abstrak
ABSTRAK HERNING SETIAWATI. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Jati Negara Jakarta Timur. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. 2) Terdapat pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. 3) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. Kesimpulan : (1). Dari hasil perhitungan regresi untuk variabel X3 dan X1 adalah X3 = 9,87 + 0,90 X1, hal ini dapat disimpulkan bahwa setiap adanya peningkatan Supervisi Kepala Sekolah (X1) sebesar satu satuan, maka peningkatan tersebut akan diikuti oleh peningkatan Disiplin Kerja Guru (X3) sebesar 0,90 dengan konstanta 9,87. Tingkat keberartian hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah (X1) dengan variabel Disiplin Kerja Guru (X3) yaitu ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung = 113,75 sedangkan nilai Ftabel = 7,01. dari nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa Fhitung > Ftabel, berdasarkan pengaruh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel mempunyai pengaruh atau regresi yang signifikan. Berdasarkan nilai koefisien korelasi yang telah diperoleh dapat dihitung koefisien determinasi yaitu koefisien determinasi = (r13)² x 100% sehingga diperoleh nilai = (0,786)² x 100 % = 61,78%, nilai determinasinya yang berarti varians Disiplin Kerja Guru (X3) dipengaruhi oleh Supervisi Kepala Sekolah (X1), semakin tinggi Supervisi Kepala Sekolah (X1) maka semakin tinggi pula Disiplin Kerja Guru (X3). (2). Berdasarkan persamaan X3 = 83,89 + 0,40 X2, tersebut juga dapat ditentukan tingkat keberartian hubungan antara variabel Profesionalitas Guru (X2) dengan variabel Disiplin Kerja Guru (X3) yaitu ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung = 24,79 sedangkan nilai Ftabel = 7,01, dari nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa Fhitung > Ftabel, berdasarkan pengaruh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel Profesionalitas Guru (X2) dengan variabel Disiplin Kerja Guru (X3) mempunyai pengaruh atau regresi yang signifikan. Berdasarkan nilai koefisien korelasi yang telah diperoleh dapat dihitung koefisien determinasi yaitu koefisien determinasi = (r23)² x 100% sehingga diperoleh nilai = (0,511)² x 100 % = 26,11%, nilai determinasinya yang berarti varians Disiplin Kerja Guru (X3) dipengaruhi oleh Profesionalitas Guru (X2), semakin tinggi Profesionalitas Guru (X2) maka semakin tinggi pula Disiplin Kerja Guru (X3). (3) Berdasarkan persamaan X2 = 61,75 + 0,73 X1 tersebut juga dapat ditentukan tingkat keberartian hubungan antara supervisi kepala sekolah (X1) dengan variabel Profesionalitas Guru (X2) yaitu ditunjukkan dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung = 23,86 sedangkan nilai Ftabel = 7,01dari nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa Fhitung > Ftabel, berdasarkan pengaruh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel supervisi kepala sekolah (X1) dengan variabel Profesionalitas Guru (X2) mempunyai pengaruh atau regresi yang signifikan. Nilai koefisien korelasi yang telah diperoleh dapat dihitung koefisien determinasi yaitu koefisien determinasi = (r12)² x 100% sehingga diperoleh nilai = (0,502)² x 100 % = 25,20% nilai determinasinya yang berarti varians Profesionalitas Guru (X2) dipengaruhi oleh supervisi kepala sekolah (X1), semakin tinggi supervisi kepala sekolah (X1), maka semakin tinggi pula Profesionalitas Guru (X2). Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis jalur seperti terdapat pada lampiran diperoleh nilai p31 = 0,707, p32 = 0,155, dan p21 = 0,502 jelas bahwa nilai probabilitas p31 = 0,707 > 0,10, p32 = 0,155 > 0,10 dan p21 = 0,502 > 0,10 maka dapat dinyatakan bahwa pengaruh yang terjadi adalah signifikan dengan kesimpulan tolak H0 dan terima H1.