Abstrak
ABSTRAK ELLY SUHERLI. Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Ekpost Facto Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Timur). Tesis : Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2010. Penelitian dilaksanakan pada siswa Madrasan Aliyah negeri Jakarta, dengan menggunakan metode ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari empat sekolah berbeda yaitu siswa 15 orang siswa MAN 2, 15 Orang siswa MAN 6, 15 orang siswa MAN 14 dan 15 orang siswa MAN 15. Data kemampuan menulis deskripsi diperoleh dengan menugaskan siswa untuk menulis karya tulis deskripsi. Selanjutnya diukur pula kebiasaan membaca dan penguasaan kosa kata. Dari pelaksanaan penelitian untuk 30 orang siswa yang memiliki kebiasaan membaca baik, memiliki nilai tertinggi 111 dan nilai terendah 94. Rata-rata kebiasaan membaca 101,433 dengan simpangan baku 4,50 dengan nilai median 102,00 serta modus 106,00. Siswa dengan kebiasaan membaca buruk memiliki nilai tertinggi 93 terendah 77. Rata-rata kebiasaan membaca 86,267 dengan simpangan baku 4,425 dan didukung pula oleh median 87,00 dan modus sebesar 89,00. Pengukuran penguasaan kosa kata terhadap 30 orang siswa diperoleh penguasaan kosa kata tingi memiliki nilai tertinggi 25 dan nilai terendah 16. Rata-rata penguasaan kosa kata 20,133 dengan simpangan baku 2,897 dan didukung pula oleh median 20,00 dan modus sebesar 16,00. Siswa dengan penguasaan kosa kata rendah mencapai nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 6. Rata-rata penguasaan kosa kata 10,967 dengan simpangan baku 2,988 dan didukung pula oleh median 11,50 dan modus sebesar 7,00. Kemampuan menulis deskriptif siswa dengan kebiasaan membaca baik memiliki nilai terendah 54,00 nilai tertinggi 98,00. Rata-rata kemampuan menulis 74,633 dan didukung oleh simpangan baku 14,387 dengan varians 206,999. Kelompok siswa dengan kebiasaan membaca buruk, memiliki rata- rata kemampuan menulis 55,33 dan didukung oleh modus 48,00 dan median 56,50. Selanjutnya simpangan baku adalah 8,604 dengan varians 74,023. Dari hasil analisis terhadap data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : 1. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis deskriptif antara siswa dengan kebiasaan membaca baik dengan siswa yang memiliki kebiasaan membaca buruk 2. Terdapat perbedaan kemampuan menulis deskriptif untuk siswa yang memiliki penguasaan kosa kata tinggi dengan siswa yang memiliki penguasaan kosa kata rendah.. 3. Diperoleh perbedaan yang signifikan kemampuan menulis deskriptif antara siswa dengan kebiasaan membaca baik dan penguasaan kosa kata tinggi dengan kemampuan menulis deskriptif siswa yang memiliki kebiasaan membaca buruk dan penguasaan kosa kata rendah 4. Ada interaksi yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan penguasaan kosa kata 5. Terdapat perbedaan kemampuan menulis deskriptif untuk siswa dengan penguasaan kosa kata tinggi dan siswa dengan penguasaan kosa kata rendah.