Abstrak
ABSTRAK Rudi Hartono. Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Teknik Curah Pendapat (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP Negeri 3 Cisauk Tangerang). Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis argumentasi melalui teknik curah pendapat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cisauk Tangerang semester genap tahun akademik 2010/2011. Data dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu: observasi, tes awal, latihan di kelas, catatan kolaborator, dan tes akhir. Diawali dengan pemberian tes awal, peneliti membuat rencana tindakan untuk diimplementasikan melalui langkah-langkah dalam siklus-siklus guna meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa. Tes akhir merupakan alat untuk mengevaluasi tindakan selama satu semester. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah peneliti sendiri, kolaborator, tes dan latihan-latihan yang diberikan. Terdapat beberapa aspek yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis argumentasi bahasa Indonesia, yaitu: isi, organisasi, struktur kalimat, diksi, dan mekanik. Penelitian ini berlangsung selama 14 kali pertemuan yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan materi ajar didasarkan KTSP. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa dapat diamati melalui proses pembelajaran dan dari hasil tes. Penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis argumentasi dengan teknik curah pendapat mampu memberikan hasil yang memuaskan. Hal tersebut ditunjukkan dari semakin meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis argumentasi dari setiap siklusnya. Oleh karena itu, penggunaan teknik curah pendapat disarankan digunakan untuk materi ajar menulis argumentasi pada siswa SMP.