Abstrak
ABSTRAK Titin Surti Kustinah. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek dengan Model Sinektik. Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 9 Jakarta. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2010. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek dengan model sinektik. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 9 Jakarta tahun 2010/2011. Data penelitian ini diambil dari kelas X.3 SMA Negeri 9 Jakarta semester genap untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dalam pengajaran aspek menulis cerpen. Subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrumen yang berbentuk tes isian. Tes ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek dengan model sinektik. Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek secara benar, baik dari segi proses maupun prestasi yang dicapai siswa. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa kemampun menulis cerita pendek siswa dengan model sinektik telah terdapat peningkatan hasil yang lebih baik. Dari analisis statistik hasil tes isian menunjukkan bahwa kemampuan siswa telah meningkat secara signifikan dari hasil pretes (sebelum tindakan) dan postes (sesudah tindakan). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek dengan model sinektik. Proses peningkatan ini ditandai dengan perbandingan nilai rata-rata nilai pretes 56,2432 dan rata-rata nilai postes 65,1326. Peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek dapat meningkat dan prestasi yang lebih baik dengan model sinektik.