Abstrak
ABSTRAK DESYANA, NIM : 0701055025. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif teknik think pair square terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas X. Untuk menjawab permasalahan ini dilakukan penelitian eksperimen di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat dari tanggal 29 Juni ? 13 Agustus tahun ajaran 2011/ 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling acak. Instrumen yang diberikan adalah tes uraian. Pada kelas eksperimen peneliti mengajar dengan pembelajaran kooperatif teknik think pair square sedang pada kelompok kontrol, peneliti mengajar dengan pembelajaran konvensional metode kelompok. Di akhir pertemuan siswa diberi tugas untuk membuat puisi sesuai dengan apa yang telah diajarkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif teknik think pair square terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas X. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. dari hasil penelitian disimpulkan, terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif teknik think pair square terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas X.