Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pengaruh Kecemasan terhadap Minat belaja Matematika. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode survey kaulsal dengan tehik analisis jalur. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Wilayah Binaan III Pejaten Batar Pasar Minggu Jakarta Selatan, sebanyak 105 orang . Sampel sejumlah 75 orang ditentukan berdasarkan perhitungan Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Hasi Penelitian menunjukkan bahwa Pertama: Kecemasan memberi pengaruh langsung positif terhadap hasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar: 0,257,50 £ = 05. Kedua terdapat pengaruh langsung positif Minat Belajar Matematika terhadap hasil Belajar Matematika dengan koefien sebesar 0,015 pada £ 0,05. Ketiga: terdapat pengaruh langsung positif Kecemasan Siswa Terhadap minat Belajar Matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0, 418 . Persamaan persepsi £ = 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Kecemasan dan Minat Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Setelah mengadakan penelitian ini penulis menyarankan, agar guru dapat membangkitkan semangat siswa untuyk belajar matematika, agar siswa tidak memiliki rasa cemas terhadap pelajaran matematika dan minat siswa untuk belajar matematika meningkat, dengan demikian hasil belajar matematika akan meningkat pula.