Abstrak
ABSTRAK Irma Chaerani, Komunikasi Intensif Upaya Meningkatkan Minat Stakeholder pada TK Islam Hidayatullah Jakarta. Tesis pada Program Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,Jakarta 2012. Komunikasi memainkan peranan penting di dalam organisasi, khususnya dalam manajemen sekolah. Pada sisi internal sekolah, komunikasi yang baik dan efektif di antara para guru dan murid akan membawa kualitas lulusan sekolah yang baik. Namun demikian, ini tidak akan berarti apa-apa apabila sekolah mengabaikan hubungannya dengan pihak eksternal sekolah/ stakeholder. Sebab mereka adalah asset utama bagi sekolah swasta untuk menjalankan aktifitasnya. Dengan alasan ini, sekolah perlu membangun komunikasi yang intensif dengan mereka agar komunikasi yang terjalin menjadi efektif. Tesis ini difokuskan pada intensitas komunikasi yang dilaksanakan oleh elemen-elemen TK Islam Hidayatullah Jakarta baik pada tataran internal dan terlebih lagi pada tataran eksternal. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan observasi. Para informan terdiri dari Kepala Sekolah, para guru, siswa, dan wali murid. Data yang terkumpul dari mereka berhubungan dengan minat siswa dan orang tua terhadap Hidayatullah dan dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Beberapa temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tataran internal TK Islam Hidayatullah dapat membangun komunikasi yang baik antara para guru. Dengan ini Hidayatullah dapat mempertahankan mutu sekolah dengan mewujudkan tujuan-tujuan pendidikannya dalam menekankan nilai-nilai agama dan moral. Adapun secara eksternal, Hidayatullah mampu membangun citranya lewat beberapa kegiatan yang diorganisasi oleh Badan Peran Serta Masyarakat/Komite Sekolah. Mutu dan citra sekolah ini pada gilirannya menjadi pesan non-verbal sekolah sebagai daya tawarnya dalam menarik minat stakeholder. Apabila pihak sekolah mampu meningkatkan mutu lulusan dan mampu menguatkan citra, maka akan berimplikasi pada peningkatan minat stakeholder. Untuk itu, dapat disarankan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan komunikasinya baik secara internal maupun eksternal.