Abstrak
ABSTRAK MAMAN SYAIFURAHMAN. Manajemen Pendidikan Al Zaytun ditinjau dari Segi Kepemimpinan Pendidikan, Manajemen Kurikulum, dan Manajemen Kesiswaan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), 2012. Tesis ini bertujuan mengetahui tentang Manajemen Pendidikan Al Zaytun dari segi kepemimpinan pendidikan, manajemen kurikulum, dan manajemen kesiswaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif-analisis dengan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologis. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi pengamatan berperan serta (Participant Observer), wawancara mendalam, catatan lapangan dan studi dokumen. Informasi dan data yang diperoleh akan diverifikasi terus menerus melalui proses triangulasi dengan informan lainnya serta data sekunder yang ada. Wawancara dilakukan kepada beberapa informan sedangkan observasi dan studi dokumentasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data melalui pemeriksaan sumber. Manajemen pendidikan dapat berjalan baik jika memperoleh dukungan penuh dari semua pihak sehingga fungsi-fungsi manajemen dapat dilaksanakan. Al-Zaytun mengembangkan manajemen pendidikannya dengan pendekatan pesantren spirit but modern system, yaitu pendidikan berjiwa pesantren dengan sistem modern. Kesimpulan dari hasil penelitian ini antara lain adalah: (1) Penerapan manajemen pendidikan pesantren yang modern dan profesional dapat mengangkat citra lembaga dan meningkatkan kualitas pendidikan sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain, (2) Kepemimpinan pendidikan pesantren sangat dipengaruhi oleh kemampuan manajerial dan peran kiai/pimpinan pondok/kepala sekolah, (3) Kurikulum pendidikan pesantren yang komprehensip, up to date, dan tetap mangacu pada standar nasional pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, (4) Manajemen kesiswaaan yang terpadu dan terintegrasi merupakan bagian dari keberhasilan dalam mewujudkan manajemen pendidikan yang baik dan profesional. Hasil penelitian ini dapat memberi manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teori pendidikan khususnya terkait dengan manajemen pendidikan pesantren, dapat pula memberi manfaat bagi pengelola Al-Zaytun dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui manajemen pendidikan pesantren yang profesional.