Abstrak
ABSTRAK ZAENAL ARIFIN, Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2009. Penelitian ini bertijuan untuk memperoleh informasi hubungan antara (1) Kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru, (2) Iklim organisasi dan kepuasan kerja guru, dan (3) Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara iklim Organisasi dan Kepuasan kerja guru, (3) terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, berjumlah 137 orang (20 orang untuk uji coba dan 30 untuk penelitian) dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrument menggunakan angket variable Kepuasan Kerja Guru merupakan variable terikat, sedangkan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi merupakan variable bebas. Ketiga instrument di validasi dengan rumus produc moment, sedangkan reliabilitas diukur dengan rumus (sederhana/jamak). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah dimana koefisien korelasi ry1 = 0,8028 pada taraf sgnifikansi 0,05 dan korelasi parsial antara X1 dan Y dengan X2 dianggap konstan didapat nilai ry1.2 = 0,5914 koefisien determinasi 0,3498 (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru dan iklim orgnisasi 0,05 dan korelasi parsial antara X2 dan Y dengan X1 dianggap konstan didapat nilai ry2.1 = 0,5644 koefisien determinasi 0,3186. Dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan iklim organisasi dimana koefisien korelasi Ry1.2 = 0,6451 pada taraf signifikan 0,05 dan korelasi parsial antara X1 dan Y dengan X2 dianggap konstan didapat nilai ry1.2 = 0,5914 koefisien determinasi 0,4161. Hasil penelitian ini berguna bagi perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan hasil penelitian ini. Bahwa Kepuasan Kerja Guru (Y) dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan iklim organisasi (X2).