Abstrak
ABSTRAK ADELLA Dwi Sandri. Perbedaan Keterampilan Berpidato dengan Menggunakan Teks dan Tanpa Menggunakan Teks pada siswa klas XI SMA Mangga Besar. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Penelitian ini bertajuk untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan ketrampilan berpidato dengan menggunakan teks dan tanpa menggunakan teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expose facto sedangkan sample dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa yang diambil secara acak dari siswa kelas XI. Kemudian mengundi 5 kelas XI IPS untuk memperoleh 2 kelas XI IPS, selanjutnya mengundi kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 untuk memperoleh 25 orang siswa dari masing-masing kelas. Instrumen penelitian ini berupa tes lisan (dengan menggunakan teks dan tanpa menggunakan teks) yang kemudian direkam menggunakan kaset rekaman, dengan tujuan agar penulis tidak keliru dalam memberikan nilai ketrampilan berpidato siswa dan sebagai bukti bahwa penulis telah melakukan penelitian. Variabel penelitian ini terdiri dari variable terikat, yaitu keterampilan berpidato dan variable bebasnya yaitu dengan menggunakan teks dan tanpa menggunakn teks. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Keterampilan berpidato adalah sejumlah keahlian yang dimiliki seseorang dalam melakukan kegiatan pidato. Berpidato dengan menggunakan teks adalah berpidato dengan mengucapkan kata demi kata persis seperti yang tertulis dalam teks. Berpidato tanpa menggunakan teks adalah berpidato yang dilakukan secara spontanitas tanpa membaca teks atau tanpa adanya persiapan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 4,27 sedangkan t-tabel 2,06. Dari hasil perhitungan statistic dengan uji-t, yaitu ; (4,27>2,06) pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (HO) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (HI) dinyatakan diterima, yang berarti terdapat perbedaan keterampilan berpidato dengan menggunakan teks dan tanpa menggunakan teks pada siswa kelas XI SMA Mangga Besar Jakarta Barat. Jadi keterampilan berpidato dengan menggunakan teks lebih baik dari pada berpidato tanpa menggunakan teks, ini dikarenakan sisiwa lebih berpidato dengan menggunakan teks.